Nasional

Kampus Bisnis Umar Usman Raih Penghargaan Presidential Awards 2021

JAKARTA - International Council for Small Business (ICSB) Indonesia memberikan penghargaan Presidential Awards 2021 kepada Kampus Bisnis Umar Usman dalam kategori Pilar Pembina. Penghargaan ini diberikan pada acara Galang UKM Indonesia 2021 dengan tema "Menjadi UKM Juara Kelas".

ICSB Indonesia adalah organisasi non-profit yang fokus pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) serta penyebaran semangat kewirausahaan. ICSB Indonesia sendiri merupakan bagian dari ICSB yang berdiri sejak tahun 1955 dan merupakan organisasi global pertama yang memiliki perhatian terhadap pengembangan dan edukasi untuk usaha kecil di seluruh dunia.

Ketua ICSB Indonesia, Jacky Mussry, menyampaikan apresiasi dan harapannya kepada semua pihak penerima penghargaan ICSB Presidential Awards 2021 ketika memberikan ucapan sambutan. “Saya berharap seluruh pihak tersebut dapat terus berkomitmen untuk membantu memajukan UMKM di Indonesia,” kata Jacky.

Saat ini ICSB berkantor pusat di Washington D.C. dan telah memiliki jaringan di 85 negara. Indonesia sendiri bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari A.A.G.N. Puspayoga dan Hermawan Kartajaya.

Dengan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia, ICSB Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan jaringan hingga ke seluruh Provinsi di Indonesia. ICSB Indonesia didukung oleh 4 pilar utama yang saling bersinergi untuk memperkuat perkembangan UKM di tanah air, yang meliputi pemerintah, akademisi, periset, serta praktisi bisnis.

Hingga saat ini ICSB Indonesia telah melibatkan unsur-unsur tersebut dalam berbagai kegiatan yang diadakannya. Baik di tingkat nasional maupun lokal (daerah).

Lily Zulaiha, Direktur Kampus Bisnis Umar Usman mengucapkan banyak terimakasih terhadap semua pihak yang telah mendukung Kampus Bisnis Umar Usman. “Saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program-program Kampus Bisnis Umar Usman. Khususnya program pendampingan para UMKM Indonesia," jelasnya.

Baca Juga :  Siswa Harus Didorong Kembangkan Minat Meneliti Sejak Dini

Memang, peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara dinilai penting. Tak terkecuali di Indonesia, UMKM memiliki kontribusi besar dan krusial bagi perekonomian.

Kriteria UMKM Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), usaha kecil didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi produktif yang berdiri sendiri. UKM membutuhkan banyak pendampingan untuk bisa terus bertahan.

Terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini, banyak para pelaku UKM yang mengalami kesulitan dan bingung harus berbuat apa untuk mempertahankan usahanya. Hal tersebut juga yang menjadi perhatian Kampus Bisnis Umar Usman untuk terus memberikan kontribusinya dengan pendampingan kepada para pelaku usaha di Indonesia melalui program-programnya.

Atas dasar ini, sebagai bentuk apresiasi terhadap institusi yang memiliki kontribusi besar terhadap pengembangan usaha kecil dan menengah di Indonesia, baik sebelum maupun di saat pandemi COVID-19 ini.

"Semoga setelah diterimanya penghargaan ini, Kampus Umar Usman lebih semangat lagi untuk membantu memajukan UMKM di Indonesia dan lebih banyak lagi melahirkan entrepreneur-entrepreneur berkelas,” jelas Lily.

Tak hanya Kampus Bisnis Umar Usman, ada beberapa instansi dan komunitas yang terpilih mendapatkan pernghargaan ICSB Presidential Awards 2021. Mereka merupakan para pegiat dan pemberdaya UMKM di Indonesia. Semoga Kampus Bisnis Umar Usman bisa terus berkontribusi untuk Indonesia dengan melahirkan para pengusaha, pelaku UMKM yang memiliki daya saing dan inovasi tinggi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?