Tokoh

Josse Maju Duta Bahasa Nasional dari Kota Pendidikan

Siedoo, Mahasiswa Yogyakarta Josse Darwanto Armando akan mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional pada 14-19 Oktober 2021 mendatang. Ia berhasil menjadi Pemenang I dalam ajang pemilihan Duta Bahasa DIY 2021 yang berlangsung di Pendapa Agung Grand Rohan.

Sebagai Duta Bahasa DIY, Josse mengemban tiga tugas prioritas sebagai abdi bahasa untuk kegiatan pengembangan dan peningkatan budaya literasi masyarakat. Jaga bahasa untuk mengampanyekan penggunaan bahasa di ruang publik, dan niaga bahasa untuk menyelenggarakan kegiatan edukasi kebahasaan dan kesastraan dalam bentuk produk niaga, kelas bahasa asing, seminar, serta pameran kebahasaan dan kesastraan.

Ajang ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi DIY. Dari 160 pendaftar disaring menjadi 100 besar, kemudian dilakukan audisi hingga terpilih 30 finalis Duta Bahasa DIY 2021.

“Setelah berproses selama 1 bulan, pada malam penobatan Duta Bahasa DIY 2021 saya terpilih menjadi pemenang pertama bersama dengan Melvine dari UNY untuk mewakili DIY ke tingkat nasional," kata Josse.

Josse merupakan mahasiswa UKDW Yogyakarta Angkatan 2020. Ia mengungkapkan bahwa alasan mengikuti pemilihan Duta Bahasa supaya dapat melanjutkan pendidikan yang memiliki latar belakang sesuai dengan bidang yang ditekuni.

Dirinya mengaku memiliki hasrat untuk terus belajar dan minat yang tinggi terhadap bidang ilmu yang terkait dengan bidang bahasa dan budaya. Sehingga dapat menjadi penunjang dalam melaksanakan tugas di kehidupan lebih baik lagi kedepannya.

“Tuntutan ilmu pengetahuan dan soft skill dalam kaitannya dengan perkembangan dan kemajuan suatu bangsa dan negara di zaman global ini, manusia harus mempunyai sumber daya yang handal untuk menghadapi setiap detik perubahan yang akan terjadi di depan mata. Itu karena sumber daya manusia yang bermutu tinggilah yang akan menjadi faktor penentu kemajuan suatu bangsa dan negara,” bebernya.

Baca Juga :  Arsiparis IPB University, Farhah Faridah Raih Juara 3 LKTK 2020

Ia berharap, dengan mengikuti program Duta Bahasa DIY adalah menjadi ahli dalam bidang bahasa. Sehingga dapat mengembangkan dan mewujudkan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Selain itu, ia ingin memperbanyak ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan, serta memperoleh pengalaman yang baik. Terutama mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bahasa dan sastra di segala segi kehidupan.

"Sehingga nantinya dapat berperan aktif dalam pembangunan di daerah yang masih membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas,” urai Josse.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Informasi Joko Purwadi, S.Kom., M.Kom. sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh mahasiswanya. Ia sebagai pimpinan berharap hal ini menjadi pendorong bagi seluruh sivitas akademika dalam mempersiapkan diri untuk ikut serta berkarya bagi bangsa Indonesia tercinta. (*)

Apa Tanggapan Anda ?