Daerah

Tim Pengabdian UNIMMA Paparkan Bahayanya Merokok ke Remaja Menayu

MAGELANG - Tim Program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) Jawa Tengah memberikan perhatian lebih kepada Desa Menayu, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Remaja di sana diberi penyuluhan tentang bahayanya merokok. UNIMMA memberikan penyuluhan tentang bahaya dari merokok pada kesehatan yang dibawakan langsung Dosen FIKES Unimma Ns. Eka Sakti Wahyuningtyas, M. Kep.

UNIMMA merilis bahwa Desa Menayu merupakan salah satu desa di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang yang memiliki jumlah remaja sekitar 70 remaja. Namun, terdapat problematika terkait kehidupan remaja pada perilaku merokok yang cukup tinggi.

Permasalahan tersebut disebabkan oleh kesadaran hidup sehat, lingkungan sekitar, dan pengaruh orang dewasa di sekitar remaja tersebut. Sehingga, menyebabkan banyak remaja yang memiliki kebiasaan merokok dan tidak membiasakan pola hidup sehat.

“Oleh karena itu, kami mahasiswa PPMT Universitas Muhammadiyah Magelang yang beranggotakan 6 orang mengabdi di Desa Menayu untuk membantu mengatasi problematika perilaku merokok pada remaja. Tim PPMT berkomitmen untuk meminimalisir perilaku merokok pada remaja di Desa Menayu serta dapat membiasakan pola hidup sehat,” kata dosen pembimbing Prof. Dr. Purwati, M.Si., Kons.

Penyuluhan ini bertujuan untuk meminimalisir perilaku merokok remaja di Desa Menayu dengan membiasakan pola hidup sehat. Seperti olahraga rutin dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Tim PPMT dengan ketua kelompok Prof. Dr. Purwati, M.Si., Kons yang beranggotakan Nursidah Ria (FKIP), Ajeng Suci Azzahra (FKIP), Maulia Ravita Sari (FKIP), Abdullloh Ma’sum Arrifa’I (FAI), serta Muhammad Nizam (FAI) dibimbing oleh Prof. Dr. Purwati, M.Si., Kons. PPMT juga memberikan sosialisasi dan bimbingan kelompok terkait bahaya akan merokok dengan menerapkan pola hidup sehat yang meliputi olahraga rutin setiap satu minggu sekali, melakukan permainanan tradisional dan permainan outbound.

Tim PPMT juga menanamkan nilai spiritual untuk para remaja dengan cara membiasakan memulai suatu kegiatan dengan tahsin (membaca ayat Al-Quran) bersama. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?