Teknologi

Tiga Mesin Pencari Terlengkap di Dunia Maya


SIEDOO.COM – Google.com merupakan alamat situs website yang tak asing bagi pembaca. Semua orang yang suka berinternet, hampir pasti mengenal google. Tetapi, tidak ada salahnya perlu dijelaskan sedikit, apa sih sebenarnya itu google … ?

Yaa, Google Search adalah mesin pencari khusus di dunia maya. Sekian ratus juta queri dimasukkan oleh peselancar web melalui berbagai macam layanan website di internet. Jika ingin mengetahui sesuatu hal, maka ketik kata yang kita inginkan. Kemudian akan diarahkan ke website yang membahas terkait hal yang diinginkan itu.

Berikut adalah tiga alamat mesin pencari yang dapat pembaca coba. Misalnya dengan memasukkan kata Siedoo.com:

1. Mesin Pencari Google.com

Google Search yaitu mesin pencari dunia maya. Mesin itu, saat ini merupakan yang terlengkap dan tercepat, yang dimiliki Google Inc. Google Inc, sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang bergerak pada jasa dan produk Internet. Adapun Google Search dapat menampilkan hasil pencarian berupa gambar, berita, maps, video, buku, dan aplikasi.

Berikut tampilan jika kita menggunakan google.com :

Pencarian dengan google.com berita
Pencarian dengan google.com.

Dalam pencarian tersebut ditemukan sekitar 3.930 hasil dalam kurun waktu hanya 0,41 detik. Website yang tersebar di dunia maya ini dicari dalam waktu 0,41 detik. Pembaca dapat membayangkan, kurang dari semenit mesin itu mampu menemukan hasil tiga ribu lebih.

Hasil tersebut menunjukkan, dalam waktu yang relatif cepat google dapat menemukan hasil yang begitu banyak. Hal ini dikarenakan google menggunakan algoritma pencarian yang cepat dan akurat. Yaitu algortima “Hummingbird“.

2. Mesin Pencari Yahoo.com

Yahoo.com awalnya merupakan website penyedia layanan email. Tetapi, seiring perkembangannya yahoo mulai menggarap mesin pencari dengan tujuan menjadi pesaing google. Akan tetapi, agak sulit bagi yahoo untuk menggeser google sebagai mesin pencari yang cepat dan tepat.

Justru, sebaliknya google sukses menambah layanan email kedalam website mereka. Yahoo search dapat menampilkan hasil pencarian berupa alamat website, gambar, video, berita, dan answer. Berikut penampakan mesin pencari yahoo yang dapat dicoba pembaca. Misalnya, dengan memasukkan kata Siedoo.com:

Hasil pencarian siedoo.com dengan yahoo search
Hasil pencarian dengan yahoo search.

Dalam pencarian tersebut didapatkan sekitar 746 hasil. Tidak dicantumkan berapa lama pencarian tersebut berlangsung. Jika dibandingkan dengan hasil pencarian dengan google, terlihat bahwa google lebih banyak menampilkan hasil yang dicari dari banyak website di dunia maya.

Algoritma pencarian yang digunakan yahoo berbeda dengan yang digunakan google. Sebelum menggunakan algoritma hummingbird, google sebelumnya menggunakan algoritma google Panda dan Penguin.

Dalam yahoo, website kita harus memiliki peringkat yang baik di Yahoo SERP. Ini karena memiliki beberapa peluang untuk lalu lintas website kita. Hal yang perlu diperhatikan dalam SEO Yahoo adalah nama website, deskripsi, popularitas link, dan meta tag.

3. Mesin Pencari Bing.Com

Bing.com merupakan mesin pencari yang dimiliki oleh Microsoft. Sebelum menjadi Bing.com, mesin pencari ini dikenal dengan nama Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Dalam pencarian dengan Bing, hasil yang didapatkan dapat berupa website, gambar, video, maps, berita, dan explore.

Jika dibandingkan dengan Google dan Yahoo, mesin pencari Bing hasil pencariannya masih sangat minim. Misalnya, pencarian kata Siedoo.com yang sebelumnya diujicobakan dengan google dan yahoo. Dari keduanya mampu mendapatkan hasil. Tetapi, jika dicari dengan Bing maka hasil yang didapatkan seperti berikut:

Hasil pencarian dengan Bing.com
Hasil pencarian dengan Bing.com

Dari hasil itu terlihat pencarian dengan nama Siedoo.com tidak ditemukan. Dan disarankan nama yang dicari menjadi siegoo.com dengan 3.970.000 hasil. Hal ini menunjukkan bahwa nama Siedoo tidak terdapat pada database Bing.com.

Bing diciptakan dengan menggunakan teknologi Power Set. Dimana Bing dapat menghasilkan pencarian yang akurat. Fitur yang ditanamkan ke Bing antara lain best match, interface features, media features, instant answer, bing maps, dan bing travel.

Apa Tanggapan Anda ?