Inovasi

Manjakan Mata, Mahasiswa Mendesain Ruang Inovatif Tree of Life

Siedoo, Mahasiswa dari Surabaya, Jawa Timur membuat desain ruangan menarik yang diperuntukkan bagi pusat perbelanjaan. Desain inovatif tersebut menyuguhkan nuansa alam di dalam pusat perbelanjaan yang berada di tengah kota. Ide desain ini diberi judul Tree of Life.

Sesuai dengan judul karya, pencipta membuat suatu desain private space pada pusat perbelanjaan, dengan ikon pohon sebagai konsep utama. Pemilihan pohon didasarkan pada hakikat pohon yang diibaratkan sebagai penjaga lingkungan, simbol utama dari alam.

“Ornamen pohon dipilih karena saya ingin menyajikan nuansa alam yang sesungguhnya,” kata Ferdy Pradipta Zulfaninata, mahasiswa Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur.

Untuk diketahui, beberapa kota besar di Indonesia seakan telah banyak kehilangan ruang untuk sekadar memanjakan mata pada suasana alami. Kelangkaan tersebut melatar belakangi munculnya ide desain dari mahasiswa yang diberi judul Tree of Life.

Pohon yang sangat erat kaitannya dengan alam ini, dimaknai lebih oleh Ferdy sebagai filosofi kehidupan. Selain ingin menciptakan suasana yang diinginkan, ia ingin menyampaikan pesan bahwa perjalanan hidup manusia tidak jauh berbeda dengan pertumbuhan pohon.

“Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yang menerpa,” ucap Ferdy.

Mahasiswa berkacamata ini melanjutkan, pada desain yang ia garap aksen pohon diubah dan diolah hingga menjadi empat bagian. Pembatas antarruangan tersebut terinspirasi dari daun-daun dengan konsep modular.

Selain itu terdapat penggunaan material yang kontras dengan maksud untuk menyampaikan secara psikologis dan menciptakan persepsi akan adanya pembatasan pada anjuran membuat jarak dalam ruang yang desain tersebut. Membagikan sudut pandangnya, selain dapat dinikmati dari segi estetika, suatu desain harus dapat dengan baik dimanfaatkan secara fungsional.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Tawarkan Solusi Permasalahan Limbah Medis

Salah satu bagian dalam desainnya menggunakan bentuk compact, di mana dapat difungsikan sebagai tempat duduk jika ditarik. Jika tidak, pengunjung dapat menggunakannya sebagai spot foto yang menarik dan instagramable.

Karya yang telah dipersiapkan lama oleh Ferdy ini berhasil mendapatkan penghargaan medali emas dan predikat gagasan terbaik pada ajang Bharatika Creative Design Fest 2021 kategori Desain Interior. Desain buatannya dikemas dengan baik serta memfasilitasi produk yang disediakan dengan estetika yang baik, dan inovasi keterbaharuan yang orisinal.

“Berhasil memperoleh penghargaan pada kompetisi ini merupakan salah satu mimpi saya sejak masih menjadi mahasiswa baru,” tuturnya.

Menjadi pemenang, bukanlah satu-satunya keinginan yang disebutkan Ferdy. Perhatian mahasiswa akan ide produk yang dapat selalu memanfaatkan dan menyertakan kearifan lokal, menjadi salah satu harapannya. Keterlibatan kearifan lokal ini dapat ditinjau dari segi filosofis, kombinasi material, hingga teknis pengaplikasiannya.

“Jangan mudah menyerah untuk terus bereksplorasi, menemukan ide baru, berkarya, dan berinovasi,” jelasnya. (*)

Apa Tanggapan Anda ?