UM Magelang sedang menyimak presentasi dari Utem. Rektor, dekan FT, wakil Dekan FEB mendengar pemaparan dari Prof. Dr.Muh Nizam bin Abd Rahman dari UTeM.

Internasional

Kerjasama, Kuliah 5 Tahun Dapat Gelar S2

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Beberapa waktu lalu, Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang berkunjung ke kampus Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UteM). Kini, giliran UTeM melakukan kunjungan ke kampus UM Magelang di Gedung Rektorat Kampus 2, di Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pertemuan yang diadakan di Ruang Sidang Rektorat lantai 2 tersebut diawali dengan perkenalan dari UTeM yang disampaikan Prof. Dr.Muh Nizam bin Abd Rahman.

Saat awal presentasinya, Nizam menyampaikan profil kampus UTeM dan beberapa program yang dapat membuka peluang kerjasama antara UM Magelang dan UTeM. Salah satu program UTeM yang dapat segera direalisasikan adalah program double degree yang akan dimulai September mendatang.

“Selain itu juga kontes robot yang dapat diikuti oleh mahasiswa FT UM Magelang. Ada dua fakultas yang dapat menjadi pilihan FEB yaitu Fakultas Teknologi Maklumat dan Komunikasi, serta Fakultas Kejuruteraan,” kata Nizam.

Nizam juga mengatakan melalui program double degre, mahasiswa dapat menempuh kuliah selama 3 tahun di UM Magelang. Kemudian dilanjutkan 2 tahun di UTeM. Dengan program tersebut mahasiswa dapat memperoleh gelar S2 hanya dengan waktu 5 tahun pada dua perguruan tinggi.

“Kami juga menyediakan asrama gratis untuk para mahasiswa dari luar negeri,” jelas Nizam.

Rektor UM Magelang Ir. Eko Muh. Widodo, M.T mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungannya ke UTeM. Eko mengatakan bahwa poin terpenting dari pertemuan kali ini adalah sehubungan dengan program double degree yang akan dilaksanakan. Khususnya, di Fakultas Teknik (FT) UM Magelang.

Dalam pertemuan tersebut, Eko juga mengundang Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) agar dapat memanfaatkan pertemuan tersebut untuk bekerjasama dalam hal akademik.

“Harapannya, UM Magelang melalui FT dan FEB bisa bekerjasama dalam program short course,” kata Eko.

Tanggapan dari pihak FEB disampaikan oleh Wakil Dekan FEB Muhdiyanto, SE., M. Si. Terkait progam studi (prodi) Human Resource and Development dan Prodi Enterpeneurship yang dimiliki UTeM yang dapat diimplementasikan FEB. Selain itu, Muhdiyanto juga menyampaikan tentang prosedur student exchange.

Sementara Dekan FT, Yun Arifatul Fatimah, M.T, Ph.D membahas mengenai penandatanganan kerjasama antara pihak UTeM dan FT UM Magelang. Ia mengatakan setelah diadakan perjanjian ini, FT akan melakukan seleksi untuk satu mahasiswa dari setiap prodi di FT untuk mengikuti student exchange ke UTeM.

“FT akan melakukan seleksi dan mempersiapkan untuk mengirim mahasiswa ke UTeM. Jadi nantinya akan ada empat mahasiswa, masing-masing 1 mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika (S1), Teknik Informatika (D3), Teknik Industri (S1) dan Mesin Otomotif (D3) yang akan mengikuti program student exchange,” jelas Yun.

Apa Tanggapan Anda ?