Daerah

Senyum Sumringah Anak Yatim Jelang Lebaran

JAKARTA - Fikri (10) salah seorang anak yatim dari Bogor sangat senang saat ditemui. Ia bersama rekan - rekannya baru saja diajak berkeliling mall. Tidak hanya berkeliling, ia juga dibelikan beberapa kebutuhan menjelang bulan Lebaran tiba.

"Seneng bisa beli baju di mall. Cuman mau beli baju koko aja, soalnya di rumah cuma punya koko satu buat ngaji," ujar Fikri saat ditanya keinginan berbelanja.

Cerita lain datang dari Dinda (8), anak kelas 2 SD ini tinggal di rumah petakan di Bilangan Parung, dan memiliki 5 saudara. "Biasanya belanja di pasar malam, ini baru pertama kali ke mall begini. Jadi bingung mau beli apa," ujar Dinda saat ditemui saat akan belanja di Mall Parung, Bogor.

Tidak hanya anak yatim, salah seorang Ibu dari anak yatim memberikan apresiasi dan terima kasih pada donatur Dompet Dhuafa. "Terima kasih pada donatur Dompet Dhuafa, anak saya jadi bisa beli baju buat lebaran. Tadinya saya bingung karena usaha saya juga hasilnya pas-pasan," terang Sutarmi (40) saat anaknya diajak belanja di Mall Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, sejumlah anak yatim di wilayah Jabodetabek sangat senang saat diajak belanja kebutuhan lebaran oleh tim Dompet Dhuafa. Kegiatan ini bertujuan mengajak anak-anak yatim berbelanja sesuai keinginan mereka untuk dipakai di Hari Raya Idul Fitri dan memberikan uang saku untuk mereka.

Kegiatan "Belanja Bareng Yatim" ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara mencuci tangan, mengenakan masker, pengecekan suhu tubuh dan menjaga jarak. Puluhan anak yatim yang berasal dari 5 wilayah ini diajak belanja di swalayan maupun mall di sekitar rumah mereka.

Kegiatan berlangsung di 5 lokasi berbeda, diantaranya : Mall Cilandak Town Square, Ramayana Kebayoran Lama, Mall Parung Bogor, Ciplaz Depok, dan Mall Citra Tangerang. Salah satu kebahagiaan anak-anak pada saat Lebaran mengenakan pakaian serba baru.

Baca Juga :  Cekal Corona, Dompet Dhuafa Edukasi Masyarakat Utamakan PHBS

"Namun beda dengan anak-anak yatim, khususnya yang ada di perkampungan, mereka berharap-harap cemas apakah dapat mengenakan pakaian baru. Karena belum tentu ibunya memiliki uang lebih untuk belanja pakaian baru. Untuk itu kami coba ajak mereka berbelanja agar mereka terhibur dan senang saat nanti lebaran tiba," jelas Moh. Noor Awaluddin, Kepala LPM Dompet Dhuafa. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?