Daerah

Metode Belajar Kartu Bergambar dari Mahasiswa UMM

MALANG - Ada suasana yang berbeda di PAUD Permata 08 di Dusun Kendalsari, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Malang, Jawa Timur. Tidak hanya guru, mahasiswa PMM kelompok 16 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ikut membantu mengajar anak-anak.

Salah satu pengajaran yang diberikan mahasiswa PMM kepada anak-anak PAUD tentang mengenal buah-buahan. Mahasiswa PMM menggunakan metode pembelajaran card bergambar dan rolling pin sebagai media pembelajaran.

Hal ini dilakukan agar pembelajaran tentang buah-buahan menjadi lebih menarik, lebih mudah memahami materi yang diberikan. Serta dapat mengenal lebih jauh tentang berbagai macam buah-buahan.

Selain menggunakan card bergambar dan rolling pin, mahasiswa PMM juga menggunakan audio. Yaitu bernyanyi yang isinya berbagai macam nama buah-buahan. Hal ini dilakukan agar anak-anak PAUD bisa lebih mengingat dan memahami tentang nama buah-buahan.

“Kami melakukan kegiatan ini agar kita sama-sama belajar dan sharing antara guru bagaimana memberikan pembelajaran yang tepat kepada anak-anak PAUD,” ujar Noviani, Penanggung Jawab kegiatan PMM.

Kegiatan ini merupakan salah satu program yang diadakan oleh mahasiswa PMM 16. Kegiatan mengajar ini dilakukan setiap hari Kamis dan Jumat, pada pagi hari. Program bertujuan untuk membantu para guru dalam mengajar anak-anak PAUD Permata 08.

Sementara itu, anak-anak PAUD terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. “Tadi banyak banget diajari buah-buahan, ingin membawa pulang card - nya tapi gak boleh sama Bunda Guru,” ujar Kenzi, salah satu murid PAUD. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?