ADV Daerah

Bahasa Inggris, Pilihan Favorit Peserta Program Permata Merdeka di Untidar

MAGELANG - Dua mata kuliah di Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah menjadi pilihan favorit peserta Program Permata Merdeka 2021. Kedua mata kuliah tersebut, yaitu English Debate and Critical Thinking, dan Creative Writing: Poetry and Short Stories.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Tim Humas Untidar, ada sebanyak 14 mahasiswa/mahasiswi yang memilih dua mata kuliah di Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris tersebut.

Melalui mata kuliah English Debate and Critical Thinking, misalnya, mahasiswa/mahasiswi dapat memperdalam pengetahuan mengenai cara berdiskusi secara taktis menggunakan Bahasa Inggris. Mereka juga diajak menyelami apa dan bagaimana berpikir kritis, untuk selanjutnya dipraktikkan secara verbal dan dituangkan dalam tulisan ilmiah berbahasa Inggris.

Sementara program studi terbanyak kedua yang dipilih mahasiswa/mahasiswi luar daerah, yaitu S1 Manajemen (Fakultas Ekonomi). Tercatat sebanyak 13 peserta mengambil mata kuliah Manajemen Sumberdaya Manusia dan Pasar Uang Pasar Modal di program studi itu.

Urutan terbanyak ketiga, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan 12 pemilih. Dua mata kuliah yang ditawarkan oleh Untidar melalui program studi tersebut, yaitu Kepewaraan serta Perencanaan dan Pengajaran BIPA.

Adapun mahasiswa/mahasiswi lain yang memilih program-program studi S1 Pendidikan IPA diketahui ada 10 orang, S1 Akuntansi (9 orang), S1 Peternakan (8 orang), dan S1 Komunikasi sebanyak enam orang.

Sedangkan peserta yang memilih Program Studi S1 Hukum, S1 Administrasi Negara, S1 Pendidikan Biologi, S1 Akuakultur masing-masing sebanyak tiga orang. Yang memilih mata kuliah di Program Studi S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Mesin, dan S1 Ekonomi Pembangunan masing-masing dua orang.

Pada Program Permata Merdeka 2021 ini, Untidar menyediakan 34 mata kuliah yang ada di 17 program studi S1. "Masing-masing program studi menawarkan dua mata kuliah", kata Ikhwan Taufiq, S.Pd., M.Eng., Koordinator Program Permata Merdeka Untidar 2021.

Setiap mahasiswa/mahasiswi mendapat kebebasan untuk memilih mata kuliah di luar program studi mereka. Peserta Program Permata Merdeka adalah mahasiswa/mahasiswi semester empat hingga delapan. Sistem perkuliahan dilakukan secara daring (virtual) dan dimulai pada pekan ini.

Jumlah peserta Program Permata Merdeka 2021 dari luar Untidar tercatat sebanyak 88 orang. Sebanyak 41 diantaranya berasal dari berbagai PTN (perguruan tinggi negeri) dari Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Sementara 47 mahasiswa/mahasiswi berasal dari PTN-PTN di Pulau Jawa. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?