ADV Daerah

BEM Fisipol Untidar Gelar Pelatihan Produksi Kerupuk Kulit Ikan

MAGELANG - Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, bertahun-tahun dikenal sebagai salah satu sentra penghasil kerupuk kulit ikan. Produk makanan ini telah tersebar di berbagai daerah di sekitar Kota Magelang.

Mengetahui hal ini, Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Universitas Tidar (Untidar) ikut ambil bagian. Mereka menggelar sebuah lokakarya virtual bertema "Pembinaan dan Pelatihan Produksi Kerupuk Kulit Ikan dari Kelurahan Magelang", beberapa waktu lalu.

PHP2D merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fisipol (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Untidar. Misi PHP2D antara lain, menemukan dan mengembangkan potensi yang ada di tengah masyarakat.

"Selain itu, juga membangun kerjasama antara organisasi mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat," tutur Dekan Fisipol Untidar, Prof. Dr. Sri Suwitri, M.Sc., saat membuka kegiatan lokakarya tersebut.

Dalam lokakarya virtual itu, tim PHP2D memperlihatkan seluruh proses pembuatan kerupuk kulit ikan oleh pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Kelurahan Magelang. Mulai dari pemilihan bahan baku, proses penggorengan, sampai tahap pengemasan sehingga siap untuk dipasarkan.

Rektor Untidar Prof. Dr. Ir. Mukh. Ariffin, M.Sc. yang turut membuka lokakarya virtual itu berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat untuk semua pihak. "Terutama bagi mahasiswa, sebagai modal ke depannya," tutur Prof. Mukh. Ariffin.

Kepala UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Perdesaan (PKPP) Untidar, Dra. Lucia Rita Indrawati, bertindak sebagai pemateri pertama. Ia menyampaikan materi dengan tema "Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Produktivitas Masyarakat, serta Peran Perguruan Tinggi dalam Menindaklanjuti Pemberdayaan yang Dilakukan oleh Mahasiswa".

Selanjutnya, Sunaryanto, SE., Kepala Seksi Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, memberikan materi kedua. Temanya, Pengembangan UMKM Berbasis Kearifan Lokal.

Lokakarya virtual tentang pembinaan dan pelatihan produksi kerupuk kulit ikan ini, dapat disaksikan secara utuh melalui kanal YouTube Fisipol Untidar. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?