ADV Daerah

Banjir Prestasi di Tengah Pandemi

MAGELANG - Suasana pandemi Covid 19 tidak menyurutkan niat para siswa untuk terus berprestasi. Seperti yang dilakukan Sekolah Dasar (SD) IT Muhammadiyah Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Prestasi demi prestasi tetap diraih para siswa dengan berbagai jenis perlombaan.

Program - program baru juga diluncurkan untuk mendukung para siswa agar terus berkembang. SD IT Muhammadiyah Bandongan membuka dua program, yaitu Kelas Tahfidz dan juga Kelas Reguler. Sebagai pendukung, sekolah juga menyediakan fasilitas kelas yang ber AC sehingga menjadikan nyaman dalam proses pembelajaran.

"Apalagi ditunjang dengan media pembelajaran audio video dan internet, juga guru yang professional yang InsyaaAlloh akan memudahkan siswanya menuju gerbang kesuksesan. Kami akan selalu berusaha untuk mewujudkan target sekolah kami yaitu berprestasi, hafal 2 juz dan berakhlaqul karimah," kata Kepala SD IT Muhammadiyah Bandongan Ali Rahmani, S.Pd.

Untuk kegiatan ekstrakurikuler pun juga sangat diperhatikan. Ada 10 macam kegiatan ekstrakurikuler yang disajikan, yaitu drumband, musik, sepak bola, volly, kid atletik, qiroah, melukis, menari, tapak suci dan hizbul wathan.

Dari berbagai ekstrakurikuler yang ada, memberikan dampak yang positif. Prestasi siswa-siswi mampu memborong tropi dari berbagai perlombaan dan kejuaraan. Mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga tingkat provinsi.

Wakabag Kesiswaan Brillianti Aisya Nurkhayani S.Pd menjelaskan, dimasa pandemi saat ini para siswa SD IT Muhammadiyah Bandongan tetap berprestasi. Di tingkat Kecamatan, dalam Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) bidang Lomba Hifdzil Quran Putra meraih juara 1 (Dava Fadillaturrohman).

Sedangkan Lomba Hifdzil Quran Putri juga meraih juara 1 (Saerina Azka), begitu pula Lomba Tilawah Putra meraih juara 1 (M. Aufal Marom), dan Juara 1 Lomba Tilawah Putri pun diraihnya juga (Aqila Vinsya Nafisa). Lomba Khitobah putra juara 2 (Ikram Yoga) dan juga Juara 3 Khitobah putri (Kalila).

Baca Juga :  Berikut 11 Azas Kepemimpinan dari Gubernur Akmil

Sementara itu dalam Festival Literasi Siswa Nasional bidang Lomba Baca Puisi meraih juara 2 (Aqila Vinsya Nafisa), Lomba Menulis Cerpen juara 2 (Afinsa Maura Kanaya), Lomba Cipta Pantun juara 2 (Kalila Zachrotu Rosita), Lomba mendongeng juara 3 (Yoga Putra).

Di tingkat kabupaten ada beberapa raihan kejuaraan. Diantaranya dalam Lomba Menggambar yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional, juara 1 (Azka Salsabila), juara 3 Riska Diah dan juara harapan 3 (Raihan Akhmad Maulana).

SD IT Muhammadiyah Bandongan juga mewakili Kabupaten Magelang untuk berkompetisi dalam Lomba MAPSI bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Islami (TIKI) Tingkat Provinsi Jawa Tengah (Rafa Hafidz Fairuz Rahman).

Sedangkan dalam lomba TSC Se Jateng, berhasil meraih juara 2 Story Telling (Agharid Fatin Shamir), juga Juara 2 dan 3 dalam Lomba Cipta Cerpen (Maura Kanaya dan Ahmad Naufal).

SD IT Muhammadiyah Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tetap berprestasi dimasa pandemi. | foto : Dokumen

"Untuk piala sudah diberikan kepada masing-masing juara oleh Korwil Bandongan (Larasati, M.Pd) dan juga Pengawas SD (Istarodin, M.Pd dan Mukti Ikmaluddin, S.Ag.,MM.Pd)," kata Wakabag Kurikulum SD IT Muhammadiyah Bandongan Sulistiyaningsih, S.Pd.I.

Disamping itu sekolah tersebut juga berhasil menyabet juara 2 Lomba Artikel Pelajar Tingkat Propinsi (Rafa Hafidz Fairuz Rahman) yang diadakan oleh LPMP Jawa Tengah.

"Syukur alhamdulillah atas raihan ini berkat kerjasama yang baik dan professionalisme guru yang terus semangat dalam mendidik dan mewujudkan prestasi belajarnya. Hasil ini tetap kami evaluasi, agar kedepannya lebih baik lagi," tambahnya.

Saat ini jumlah siswa di sekolah tersebut ada 400 anak. Karena sekolah yang terletak di Kwancen Bandongan tersebut bernafaskan Islam, maka materi keagamaan lebih ditonjolkan. Ada pembiasaan shalat dhuha setiap hari, juga Shalat dhuhur dan ashar, doa harian dan tahfidz Alquran. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?