Nasional

Rektor UNY : Banyaknya Doktor, Indikator Perguruan Tinggi Handal

YOGYAKARTA - Kata kunci untuk sukses adalah disiplin, punya skill, publikasi atau menulis, memiliki fighting spirit serta memuliakan lembaga dan orang. Pesan itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Sumaryanto dalam penyerahan SK CPNS dosen UNY di Rektorat, Rabu (03/02/2021).

Rektor juga menyerahkan pada pimpinan fakultas untuk nggulowenthah atau mendidik pada CPNS dosen tersebut. Diharapkan untuk tetap optimis dan survive dalam menghadapi pandemi covid-19 ini agar dapat menjalankan tugas utama.

“Jaga diri, jaga hati dengan protokol kesehatan 3M,” kata Prof. Sumaryanto.

Ia mengatakan, para dosen baru harus segera merencanakan sekolah studi lanjut karena sebagai dosen tidak boleh berhenti. Salah satu indikator perguruan tinggi yang handal adalah ketersediaan doktor yang banyak. Oleh karena itu para CPNS harus dibimbing agar berkinerja maksimal.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNY Prof. Edi Purwanta mengatakan bahwa CPNS dosen yang diserahkan Surat Keputusannya sejumlah 21 orang terdiri dari 1 dosen Fakultas Ilmu Pendidikan, 1 dosen Fakultas Bahasa dan Seni, 4 dosen Fakultas Ilmu Sosial, 2 dosen Fakultas MIPA, 4 dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan 9 dosen Fakultas Teknik.

“Dari 21 dosen CPNS, 12 diantaranya sudah mengabdi di UNY sebagai dosen kontrak dan dosen tetap non PNS,” papar Edi Purwanta.

Berdasarkan tingkat pendidikan, dari 21 CPNS terdiri dari 20 orang berpendidikan S2 dan 1 orang berpendidikan S3. Dengan demikian jumlah dosen UNY sekarang ada 1.203 orang yang terdiri dari 1.071 PNS dan 132 Non PNS meliputi dosen tetap non PNS, kontrak dan NIDK Purna. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?