ADV Tokoh

Kaga, Siswa SMP Negeri 1 Kota Magelang Ini Raih Emas KSN IPS

Siedoo, Masa pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai sistem, salah satunya adalah penyelenggaraan Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Dalam mengikuti KSN, ada motto yang menjadi pegangan: Jujur itu juara.

Siswa Kelas IX G SMP Negeri 1 Kota Magelang, Ai Kaga Naufal Abiyyu Najah, berhasil meraih emas dalam KSN mata pelajaran IPS. Putra sulung pasangan Kusbandono-Endah Irawati ini, memiliki segudang prestasi akademik maupun non akademik sejak di bangku sekolah dasar. Ia tinggal di Kijingsari Wetan Desa Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang.

Kaga, panggilan akrabnya, mengaku banyak dukungan dan bimbingan yang dia peroleh dalam mencapai prestasi. Kedua orang tuanya menjadi pemacu belajar, Ayahnya seorang honorer di salah satu SDIT di Tempuran, sedangkan ibunya adalah seorang wiraswasta.

“Kesabaran dan ketelatenan mereka dalam membimbing saya sungguh luar biasa,” akunya.

Kaga bersama kedua orang tuanya. | foto: Dok. SMP Negeri 1 Magelang

Kaga yang hobi membaca ini juga memiliki pribadi yang sederhana, sopan, rajin beribadah dan tekun dalam belajar. Sehingga peringkat nomor wahid sering ia raih. Luar biasanya, meskipun memiliki segudang prestasi, ia tetap rendah hati.

Bersama sepuluh peserta KSN IPS lainnya, Kaga berhasil meraih emas dalam KSN Tahun 2020. Tahap demi tahap diikuti dengan sungguh-sungguh, mulai dari tahap awal seleksi tingkat kota/kabupaten, kemudian dilanjutkan dengan seleksi tingkat nasional.

Pada tingkat nasional diselenggarakan selama dua hari, hari pertama, Senin 2 November 2020, dengan agenda menyimak video selama lima menit, kemudian dilanjutkan mengerjakan soal selama 120 menit.

Di ruang kerjanya, Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang, Nurwiyono, S.N., M.Pd mengungkapkan pengawasan selama pelaksanaan KSN dilakukan dengan Zoom Meeting. Sehingga segala gerak-gerik siswa peserta KSN terpantau melalui kamera.

Pemenang diumumkan pada acara penutupan Kompetisi Sains Nasional Tahun 2020 pada tanggal 5 November 2020 secara virtual. Berjuta rasa berkecamuk memenuhi dada Kaga dan para guru saat itu.

Baca Juga :  SMP Negeri 1 Kota Magelang Kreasikan Gobag Sodor Menjadi Tari Aling-Aling

Alhamdulillah, sebuah medali emas berhasil Kaga persembahkan di ajang bergengsi KSN Tahun 2020 untuk rumah besar Rantai Kentjana (SMP Negeri 1-red),” ucapnya.

Bagi SMP Negeri 1 Kota Magelang, apa yang dicapai Kaga merupakan prestasi yang mengejutkan. Pasalnya dalam kegiatan KSN yang telah diselenggarakan bertahun-tahun belum pernah mendapatkan medali emas. Baru kali ini SMP Negeri 1 Kota Magelang berhasil mendapatkan medali emas.

“Semoga di masa yang akan datang medali emas menjadi tradisi prestasi akademik maupun non akademik anak-anak Rantai Kentjana, yang turun-temurun memenuhi deretan prestasi SMP Negeri 1 Magelang,” harap Nurwiyono, Rabu (27/1/2020). (*)

Apa Tanggapan Anda ?