Daerah Kegiatan

Peringati HUT Ke-63 Akmil dan Maulid Nabi, Digelar Doa Bersama

MAGELANG - Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-63 Akademi Militer (Akmil) dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1442 Hijriyah/2020, Akmil gelar doa bersama, Selasa (10/11/2020). Kegiatan dimulai pukul 18.00 WIB bertempat di masjid Al Jihad Akmil Magelang.

Penceramah dalam kesempatan ini dihadirkan pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji Sleman Yogyakarta, Kiai H. Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah). Hadir dalam acara tersebut Gubernur Akmil, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) beserta Ibu Desi Totok Imam selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akmil. Juga pengurus Persit dan pengurus Yayasan Kartika Jaya, staf dan para Pejabat Distribusi Akmil, para Taruna/Taruni sebanyak 635 orang.

Dalam sambutannya, Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam menegaskan doa bersama yang dilaksanakan sebagai rangkaian memperingati HUT ke-63 Akmil pada tanggal 11 November 2020. Doa tersebut sebagai ikhtiar memohon pertolongan kepada Allah SWT.

“Semoga Akademi Militer sebagai Center of Excellence beserta Civitas Akademika dan keluarga besar senantiasa diberikan kesehatan. Keselamatan dan perlindungan serta kelancaran dalam menjalankan tugas tanggung jawabnya dalam mengabdi kepada bangsa dan negara melalui Akademi Militer,” ucapnya.

Gubernur Totok Imam mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga sebagai wahana untuk mengungkapkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan harapan dapat meneladani akhlak dan kepribadiannya.

Mayjen Totok Imam menjelaskan tema peringatan kali ini “Melalui Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah/2020 Masehi, Tingkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama di tengah Pandemi Covid-19".

“Tema ini memiliki makna bahwa melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam kondisi wabah Covid-19, kita memiliki sikap yang positif dengan ikhtiar maksimal. Juga saling membantu, saling mengingatkan, saling mendukung, dan saling memotivasi terhadap sesama,” jelasnya.

Sementara itu, Gus Miftah dai dan tokoh millenial NU dalam ceramahnya memanjatkan doa semoga kegiatan malam itu membawa barakah salawat untuk Akmil Magelang. Berharap seluruh yang hadir, Akmil, dan seluruh bangsa ini segera terbebas dari ancaman Covid-19.

Dikatakan Gus Miftah, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sangat penting bagi umat Islam. Hal ini untuk mengenang warisan dan peranan Beliau sebagai suri tauladan umat Islam di seluruh dunia.

“Merupakan penanda, dalam sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW di Kota Mekkah tahun 571 Masehi disebut juga sebagai tahun Gajah,” ujarnya.

Gus Miftah juga menyinggung soal pandemi Covid-19, di mana dia meminta warga Akmil khususnya Taruna Akmil mematuhi anjuran pemerintah. Di antaranya kewajiban disiplin protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?