Advertorial Tokoh

Ardian, Siswa SMK Negeri 1 Magelang Raih Juara 2 LKS Nasional XXVIII Tahun 2020

Siedoo, Muhammad Ardian Satya Nugraha, Kelas XII Mesin SMK Negeri 1 Magelang berhasil meraih Juara 2 dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional 2020. Pada lomba yang digelar secara daring pada tanggal 18-25 Oktober 2020 lalu, Ardian berlaga di vokasi metrologi atau pengukuran mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Ardian merupakan satu dari 14 peserta lomba dari 14 provinsi di Indonesia. Meskipun digelar secara daring, namun tidak menyurutkan semangat Ardian dan para peserta lomba metrologi. Adapun provinsi yang mengikutsertakan peserta lomba yaitu Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, dan Lampung. Kemudian Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Diakui Ardian, selama persiapan lomba dari awal hingga menghadapi ajang nasional dirinya dibimbing oleh Drs. Nurshokip selaku Guru Teknik Mesin SMK Negeri 1 Kota Magelang. Secara khusus peserta mempersiapkan segala perlengkapan dan peralatan lomba dengan matang beberapa minggu sebelumnya. Peralatan lomba metrologi disiapkan terdiri dari micrometer, caliper, dial test indicator, dial height gage, black granite, stand F/granite, sarung tangan, benda kerja, serta setting standard.

“Dalam lomba ini, peserta harus melaksanakan secara virtual di rumah masing-masing, dan dilarang melaksanakan di sekolah,” jelas Ardian.

Selain persiapan semua peralatan ukur, juga persiapan untuk mendokumentasikan proses jalannya lomba secara daring. Siswa serta guru pembimbing pun menyiapkan peralatan pendukung, seperti 4 buah kamera atau handphone yang dilengkapi dengan stand, laptop, kalkulator, meja, dan kursi.

Muhammad Ardian Satya Nugraha bersama guru pembimbingnya, Drs. Nurshokip. (foto: Narwan Siedoo)

Sementara itu, guru pembimbing Ardian, Drs. Nurshokip mengatakan persiapan sudah dilakukan sejak menjelang simulasi yang digelar September 2020 lalu hingga pelaksanaan lomba 18-25 Oktober 2020.

“Untuk mengikuti simulasi dan pelaksanaan LKS SMK ini, kami menyiapkan alat-alat pendukung lainnya, seperti jaringan internet dan listrik,” jelas Drs. Nurshokip.

Sebagai guru pembimbing Ardian, Drs. Nurshokip berharap ke depan Ardian dapat terus mengembangkan vokasinya. Sehingga prestasi tetap dapat diraih lebih tinggi dengan motto ‘berprestasi di rumah’.

“Sehingga meski di masa pandemi, tak menghalangi kita semua untuk mengikuti lomba dan berprestasi,” harapnya.

Plt. Kepala SMK Negeri 1 Magelang Drs. Uu Sanusi, M.T. berharap prestasi yang diraih Ardian sangat membanggakan sekolahnya. Secara khusus tentu menjadi kebanggaan bagi Ardian dan orang tuanya.

“Semoga Ardian menjadi siswa yang selalu berprestasi dan madiri. Serta berguna bagi agama, bangsa dan negara, dan senantiasa berbhakti kepada orangtuanya,” harap Drs. Uu Sanusi, M.T. (*)

Apa Tanggapan Anda ?