Advertorial Inovasi

Wujudkan Visi Sekolah, Melalui Filosofi Penguatan Pendidikan Karakter

KOTA MAGELANG – SMA Negeri 1 Kota Magelang merupakan sekolah yang selalu berinovasi dalam mewujudkan visi sekolah tersebut. Bahkan beberapa filosofi diciptakan guna dilaksanakan oleh seluruh warga SMA Negeri 1 (Smansa) Kota Magelang.

Visi Smansa yaitu “Terwujudnya warga SMA Negeri 1 yang beriman dan bertakwa, unggul dalam prestasi, berbudi pekerti luhur, berwawasan lingkungan dalam lingkup lokal maupun global”. Guna mendukung Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) selama ini pihak sekolah telah melaksanakan berbagai program pendidikan karakter, yang mencakup 5 (lima) nilai karakter. Yaitu Religius, Nasionalisme, Kemandirian, Gotong Royong, dan Integritas.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Magelang, Drs. M. Arief Fauzan B., M.Pd.Si mengatakan sekolah telah melaksanakan PPK dengan berbagai basis. Pertama, PPK berbasis kelas di mana guru dalam merancang pembelajaran selalu memasukkan pendidikan karakter. Kedua, PPK berbasis budaya sekolah, ini terkait dengan budaya baik yang dilakukan di sekolah termasuk melalui kegiatan ekstrakurikuler/kegiatan relevan lainnya.

“Misalnya budaya S12. Yaitu: senyum, salam, sapa, salaman, sopan, santun, semangat, sepenuh hati, sportif, serius, siap, sukses,” paparnya.

Dalam hal ini siswa bisa melakukan budaya Liput Bangsa (LIhat, PUnguT, Bawa, buANG SAmpah). Di mana saat situasi normal, siswa datang ke sekolah, masuk kelas dan melihat sampah, bergegas memungut, membawa dan membuangnya ke tempat sampah.

“Juga berdoa bersama dengan pemimpin doa bergiliran,” terang Drs. Arief.

Dijelaskan Drs. Arief, yang ketiga adalah PPK berbasis budaya masyarakat. Seperti bakti sosial atau live inn, yaitu anak tinggal dalam waktu tertentu di rumah penduduk dan turut serta membantu aktivitas tuan rumah.

“Bila tuan rumah seorang petani ya turut ke ladang, menyiangi tanaman, menyirami, dan sebagainya. Sehingga anak-anak menjadi tahu kehidupan dan merasakan bagaimana menjadi seorang petani,” paparnya.

Dalam kebijakan mutu, sekolah di dekat Taman Kyai Langgeng ini memiliki filosofi SMANSA Suka Rapi, yaitu SUKses berAksi RAih PrestasI. Sementara dalam pendekatan pembelajaran menggunakan SMANSA Approach atau pendekatan SMANSA.

“Yaitu Simple, Mind, Application, Neuro Linguistic, Seriously, dan Attention,” ujar Drs. Arief.

Selain itu, filosofi dalam mendukung kesuksesan adalah selalu disiram dengan 4M-Ber. Yaitu Mendengarkan dengan baik, Memperhatikan, Membaca, Menulis, dan Berbicara.

“Semua itu akan berjalan dengan baik bila diawali dengan berdoa dan diakhiri dengan ucapan terimakasih,” katanya.

SMA Negeri 1 Kota Magelang ingin mewujudkan Branding Sekolah sebagai Excellent and Integrity School atau sekolah hebat berintegritas. HEBAT ini merupakan juga singkatan yang dijadikan filosofi SMANSA.

“Yaitu Humanis, Empati, Berakhlak mulia, Antusias, dan Tertib,” terangnya.

Sedangkan BERINTEGRITAS bermakna memiliki pribadi jujur dan berkarakter kuat dengan nilai-nilai integritas meliputi jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, bekerja/belajar keras, sederhana, berani, dan adil.

“Semoga melalui Filosofi Jiwa HEBAT BERINTEGRITAS yang tertanam pada warga sekolah mampu mewujudkan sekolah hebat berintegritas. Seperti pada saat sebelum PPDB Zonasi,” pungkas Drs. M. Arief Fauzan B., M.Pd.Si. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?