Advertorial Kegiatan

STMIK Bina Patria Magelang, Gelar OSPEK Dengan Disiplin Protokol Kesehatan Ketat

MAGELANG - Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) bertujuan mengenalkan mahasiswa baru tentang dunia perkuliahan. Biasanya mahasiswa baru akan dikenalkan pada istilah-istilah dasar dan sistem di perguruan tinggi. Selain itu mahasiswa baru juga akan dikenalkan dengan lingkungan belajarnya.

OSPEK merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru (D3 dan S1). Pelaksanaan OSPEK diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program Gerakan Nasional Revolusi Mental. yaitu Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu. Melalui pengenalan kampus ini mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki karakter unggul, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Di samping itu, OSPEK merupakan suatu tahapan awal yang bisa dijadikan oleh mahasiswa baru untuk proses adaptasi terhadap situasi kondisi yang terjadi di lingkungan mereka. Sebagai upaya untuk pengakraban yang dikemas juga dengan kegiatan yang sifatnya membangun dan mengembangkan kerja sama antarkelompok.

Meskipun masih di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, STMIK Bina Patria Magelang mengadakan rangkaian acara OSPEK bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober dan 4 Oktober 2020 dengan tema Menggemakan Harmoni untuk Membangun Karakter di Masa Pandemi .

Setiap mahasiswa baru yang akan mengkuti kegiatan OSPEK diwajibkan melakukan cek kesehatan di Rumah Sakit. Sehingga saat mereka akan masuk kampus diminta oleh panitia untuk menunjukkan surat kesehatan dari Rumah Sakit. Ketika presensi kedatangan, mencuci tangan, dan memakai masker serta menjaga jarak tempat duduk.

Acara ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana di tahun sebelumnya pelaksanaan ada di lingkungan kampus dan di luar kampus, berupa outbond. Namun untuk tahun ini hanya dipusatkan di kampus, karena kondisi yang belum memungkinkan.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa baru baik dari kelas reguler maupun paralel yang dibagi menjadi 2 tahap. Hadir dalam acara pembukaan, Ketua STMIK Bina Patria Magelang Dr. H. Sukris Sutiyatno, M.M., M.Hum didampingi Puket (Pembentu Ketua) I, Puket II dan Puket III serta jajaran dosen dan staf.

Dalam materinya, Ketua STMIK Bina Patria Dr. H. Sukris Sutiyatno, M.M., M.Hum menyampaikan bahwa acara ini dijadikan sebagai media untuk membangun karakter yang unggul dan berkualitas. Di mana ilmu dan karakter harus menjadi bagian yang tak terpisahkan.

“Kami ingin dan berharap nantinya tumbuh mahasiswa-mahasiswa baru memiliki karakter yang berkualitas dan siap bersaing di bidang teknologi khususnya dalam tingkat global atau internasional,” paparnya.

Sementara secara terpisah Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Humas Sugeng Wahyudiono, M.Kom menyampaikan, kegiatan ini sangat terbatas dan dengan sistem protokol kesehatan yang begitu ketat,

“Meskipun masih di tengah masa pandemi, kami mengadakan kegiatan orientasi dengan pengawasan ketat,” ujarnya.

Secara keseluruhan OSPEK di STMIK Bina Patria Magelang berjalan lancar dan sukses. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan penutup. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?