Daerah Kegiatan

Susno Terpilih Pimpin PGRI Kabupaten Magelang Masa Bakti 2020-2025

MAGELANG – Pengurus Kabupaten Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Magelang menyelenggarakan Konferensi Kabupaten (Konferkab) di Pendapa Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Magelang, Sabtu (26/9/2020). Konferkab kali ini mengambil tema "Peran PGRI Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul untuk Indonesia Maju".

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut dibuka oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin, S.I.P. Dalam sambutannya, Bupati Magelang mengajak PGRI Magelang untuk senantiasa bergotong-royong dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Magelang.

"Negara menggantungkan kualitas sumber daya manusianya kepada bapak-ibu guru semua. Oleh karenanya dibutuhkan dedikasi dan loyalitas dari anggota PGRI dalam mendidik anak," kata Bupati Magelang.

Upacara pembukaan Konferkab yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah Dr. Bunyamin, M.Si. Serta Sekretaris Umum Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah Aris Munandar, M.Pd.

Turut menghadiri Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Magelang Syukur Ahadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Azis Amin Mujahidin, M.Pd. Juga Ketua Pengurus Kabupaten PGRI Magelang Masa Bakti XXI Muslih, S.Pd., M.Acc, Pengurus Kabupaten PGRI Magelang Masa Bakti XXI, dan Ketua Cabang PGRI se-Kabupaten Magelang.

Setelah dibuka oleh Bupati Magelang, kegiatan ini dilanjutkan dengan agenda sidang pleno dan pemilihan ketua, wakil ketua, dan sekretaris. Pemilihan dilakukan oleh perwakilan Ranting PGRI se-Kabupaten Magelang. Pemilihan ini dilakukan bergiliran sesuai jadwal untuk menghindari kerumunan.

Berdasarkan penghitungan suara, terpilih Susno, S.Pd, M.Pd sebagai Ketua Pengurus Kabupaten PGRI Magelang Masa Bakti XXII periode tahun 2020-2025. Adapun Wakil Ketua terpilih adalah Murdono, M.Pd dan Slamet, S.Pd, sedangkan Subur Subiyanto, S.Pd terpilih sebagai Sekretaris. Selanjutnya pengurus terpilih melaksanakan sidang formatur untuk memilih Kepengurusan PGRI Magelang Masa Bakti XXII.

Susno, M.Pd dalam sambutannya sebagai Ketua terpilih mengatakan bahwa PGRI sebagai organisasi harus kompak dan mau bekerjasama membangun sinergisitas baik internal maupun eksternal.

Sementara itu, Dr. Bunyamin, M.Si. dalam sambutannya ketika melantik Pengurus Kabupaten PGRI Magelang Masa Bakti XXII berpesan agar setiap pengurus mengedepankan kebersamaan dan memperkuat komunikasi.

“Hal ini dilakukan untuk menjaga soliditas PGRI sebagai organisasi profesi guru,” pesannya.

Bunyamin mengatakan organisasi PGRI adalah organisasi pembelajar (learning organitation). Artinya, PGRI  merupakan organisasi yang mampu membaca segenap perkembangan dan suasana. Sebuah organisasi yang tanggap situasi ekonomi, sosial, politik, hukum dan sebagainya.

"Untuk bisa membaca perkembangan tersebut, maka tidak bisa tidak Pengurus harus mau belajar kepada siapapun yang memiliki ilmu kecakapan tersebut," tegas Dr. Bunyamin, M.Si. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?