Advertorial Tokoh

Ardian Siap Wakili Jawa Tengah Lomba Kompetensi Metrology Nasional

Siedoo, Siswa Kelas XII Mesin C Jurusan Permesinan SMK Negeri 1 Kota Magelang, Muhammad Ardian Satya Nugraha siap maju ke tingkat nasional. Yaitu di ajang “Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional” ke-28 tahun 2020, Bidang Lomba Metrology (Teknik Pengukuran). Persiapan terus dilakukan setelah dirinya berhasil menyisihkan 22 peserta dalam ajang tersebut di tingkat Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Ditemui di tengah-tengah persiapan simulasi lomba, Ardian menjelaskan di tingkat nasional tentunya kompetitor lebih berat, sehingga persiapan harus matang. Selain itu secara fisik dan mental pun harus disiapkan karena lomba nantinya secara virtual.

“Justru secara virtual inilah persiapan menjadi lebih ekstra. Mengingat semua berkaitan dengan teknologi informasi di mana memerlukan kestabilan daya dan jaringan internet,” katanya, Kamis (17/9/2020).

Ardian mengungkapkan lomba tingkat nasional itu akan dilangsungkan secara virtual tanggal 18-24 Oktober 2020. Namun demikian persiapan sudah dimulai sejak dini, agar lebih enjoy ketika mempresentasikan materi lomba.

Saat lomba nanti, lanjut Ardian, untuk teori menggunakan aplikasi Google Form, lembar jawab menggunakan Google Sheet. Sementara untuk presentasi menggunakan aplikasi Zoom.

Metrology berkaitan dengan pengukuran, sehingga peserta harus mampu menjelaskan ukuran suatu bagian atau spare part mesin dengan tepat dan detail. Sehingga suatu mesin atau spare part dapat beroperasi dan berfungsi sebagaimana mestinya dengan ukuran yang tepat.

Selama persiapan lomba dari awal hingga menghadapi ajang nasional ini, Ardian dibimbing oleh Drs. Nurshokip selaku Guru Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kota Magelang. Saat melakukan simulasi lomba, Ardian tampak sudah siap.

Dijelaskan bahwa lomba ini, peserta harus melaksanakan secara virtual di rumah masing-masing. Peserta dilarang melaksanakan di sekolah, sehingga Ardian bersama guru pembimbing mempersiapkan semuanya.

“Saya berharap mampu melaksanakan lomba secara maksimal dengan hasil terbaik. Karena ini merupakan amanah untuk membawa nama baik dan membanggakan SMK Negeri 1 Kota Magelang khusunya dan Provinsi Jawa Tengah pada umumnya,” ucap Ardian. (*)

Apa Tanggapan Anda ?