Advertorial Kegiatan

Berbagai Lomba Meriahkan Peringatan Hari Pramuka di SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid

MAGELANG - Rangkaian acara peringatan Hari Pramuka ke-59 di SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang bukan hanya sekedar peringatan biasa saja. Mulai dari awal Agustus 2020, pembina Pramuka sudah mengajak anak didiknya berpartisipasi di sejumlah lomba kepramukaan.

Pembina Pramuka SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid, Tri Nurjannah, S.Pd mengatakan kegiatan menjadi lebih seru karena anak-anak sangat antusias mengikutinya. Mereka diarahkan untuk tetap produktif walau hanya di rumah saja.

“Pada intinya, Pramuka itu setiap hari. Tidak hanya meramaikan saat Hari Pramuka saja, namun di kehidupan sehari-hari anak-anak kita biasakan untuk menerapkan sikap Pramuka sejati. Diwujudkan dengan kegiatan ringan namun penuh tanggung jawab,” katanya.

Malam sebelum Hari Pramuka, anak-anak Hisbul Aula dan Dewan Ambalan SMPIT diwajibkan untuk mengikuti Ulang Janji dari Kwarcab Magelang. Saat Hari Pramuka 14 Agustus 2020, sekolah tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM).

Usai KBM, dilanjutkan mengikuti Live Streaming Peringatan Hari Pramuka di Youtube Kwarnas pada siang harinya. Mereka aktif menyemarakkan tema besar Peringatan Hari Pramuka tahun ini. Yakni  “Peran Gerakan Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana Covid-19 dan bela negara”.

Lebih lanjut Jannah menerangkan, Pembina Pramuka SMPIT menyibukkan siswa-siswinya dengan kegiatan positif. Contoh kegiatan yang harus dilaksanakan adalah mencuci, membantu orang tua, membereskan kamar sendiri, dan membuat sebuah karya. Untuk mengasah kreativitas, mereka dihimbau untuk mengikuti lomba cipta karya seperti membuat ring dari tali atau membuat sandi kreasi.

Mereka juga berlomba membuat caption di Instagram dengan meng-upload foto menggunakan Twibbon yang sudah disediakan oleh sekolah. Caption harus seuai tema yang intinya adalah pramuka bisa bersama-sama melawan Covid-19, untuk kemudian di-share kepada teman, keluarga, saudara, dan lingkungan terdekat. Mengajak mereka untuk senantiasa menjaga kesehatan dan turut serta mencegah penularan covid.

“Kami punya banyak reward untuk kegiatan-kegiatan anak yang sudah direkap. Biar anak-anak semangat dan tetap kompetitif walaupun lomba dari rumah,” lanjut Tri Nurjannah, S.Pd

Keaktifan juga dinilai untuk mengetahui rasa tanggung jawab anak dalam melaksanakan tugas menanamkan jiwa kepramukaan. Pramuka Online tetap dilaksanakan setiap minggunya. Sayang sekali akhir tahun nanti SMPIT tidak melaksanakan Kemah Besar yang dinantikan siswa-siswi setiap tahunnya. karena pandemi belum berakhir.

“Dengan semangat Hari Pramuka ini, saya berharap semangat anak-anak tidak padam walau hampir semua kegiatan dilaksanakan dengan cara daring. Terus berjuang dan sebarkan semangat kebaikan dari Pramuka anak-anakku,” pungkasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?