Advertorial Kegiatan

Tingkatkan Kualitas PJJ, Guru Dilatih Gunakan Microsoft 365

MAGELANG – Dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), guru dituntut berkreasi dalam memberikan tugas kepada siswa. Banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas PJJ, salah satunya dengan memanfaatkan Microsoft 365. Sehingga keterampilan menggunakan platform tersebut perlu dimiliki para guru.

Dalam upaya meningkatkan kualitas PJJ, para guru SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Magelang, Jawa Tengah mengikuti pelatihan Microsoft 365. Pelatihan tersebut digelar Rabu-Jum’at, 12-14 Agustus 2020 di Laboratorium Komputer 1 SMK setempat. Kegiatan dibuka secara resmi oleh pengawas SMK, Mahmud, S.Pd, M.Pd. Dalam sambutannya, Mahmud berpesan kepada para guru untuk lebih kreatif daam pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini.

Pelatihan dipandu oleh guru yang telah mengikuti pelatihan Microsoft 365 tingkat Jawa Tengah, yakni Sri Pangestuti, S.Pd dan oleh Waka Bidang Kurikulum Ahmad Akbar Mahindra sekaligus koordinator acara. Para guru juga menerima pengetahuan dan materi pelatihan dari Hermawan, S.Kom sebagai pembicara dan pemandu pelatihan.

Sri Pangestuti, S.Pd menuturkan, Microsoft 365 merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran jarak jauh. Keuntungan dari aplikasi ini adalah lebih mudah dan simple. Dengan user interface yang mudah.

“Setelah mendapat pelatihan, guru diharapkan bisa lebih mendalami kembali aplikasi ini dan kemudian bisa mengaplikasikan kepada siswa,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Akbar Mahindra mengungkapkan akun Microsoft 365 ini memang merupakan hal yang baru. Namun karena guru sudah terbiasa menggunakan aplikasi Google Classroom, maka mereka sudah mempunyai skill yang cukup dalam menerapkan aplikasi 365.

“Guru juga bisa mengintegrasikan akun Microsoft 365 dengan Google Classroom yang sudah digunakan,” ungkapnya.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu peserta, Rienjani Noortikasari, S.Pd.Jas, yang mengampu mapel Pendidikan Jasmani. Dia mengatakan Microsoft 365 ini mempunyai tampilan yang cukup mudah dipahami dan sangat menarik.

“Salah satu keuntungan lain adalah kapasitas penyimpanan yang mencapai 1 TB (terrabites) setiap akunnya,” ujar Rienjani.

Pelatihan Microsoft 365 ini diikuti oleh 30 guru, yang mengikuti pelatihan secara disiplin, tertib, dan semangat. Para peserta mendapat akun Microsoft 365, dan mengaplikasikan beberapa fitur yang ada seperti pembelajaran interaktif, evaluasi dan lain-lain. Pada akhir acara, guru mendapat sertifikat online.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Munif Hanafi, S.S. berharap pelatihan Microsoft 365 untuk para guru ini dapat menambah kompetensi guru dalam pembelajaran jarak jauh. Juga memberikan alternatif lain bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, tidak hanya melalui Google Classroom.

Selain dengan keterampilan yang dimiliki, lanjut Munif, guru juga bisa mencari aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk pembelajaran. Tentu dengan memperhatikan kemampuan dan daya tangkap anak terhadap penerapan aplikasi tersebut.

“Ke depan, semua komponen SMK muhammadiyah 1 Borobudur, baik guru dan siswa, diharapkan semakin terlatih dan siap dalam mengikuti pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 ini,” harap Munif Hanafi, S.S. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?