Nasional

Kilas Balik Berita Terpopuler di Tahun 2017


Siedoo.com – Banyak peristiwa yang terjadi di tahun 2017 di bidang pendidikan. Tiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, baik negeri atau swasta mempunyai cerita sendiri-sendiri. Tiap instansi pemerintah atau perusahaan selama tahun 2017 ini telah berusaha agar pendidikan di Indonesia semakin baik.

Tidak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun 2017, sudah banyak peristiwa yang terjadi di bidang pendidikan telah di sampaikan ke pembaca siedoo.com. Berikut berita-berita terpopoler yang paling banyak dibaca, yaitu:

Januari

Berita dengan judul “Sudah Saatnya Setiap SD Memiliki Tenaga TU” merupakan berita paling populer dibulan januari 2017. Berita tersebut berisi tentang kalangan pelaku pendidikan sepakat bahwa setiap SD saat ini perlu diberi tenaga Tata Usaha (TU).

Utamanya, tenaga yang sudah pegawai negeri sipil (PNS) untuk mengampu tugas administrasi SD sebagai lembaga pendidikan. Hal ini penting karena selama ini justru guru yang mengurusi pekerjaan administrasi, yang tidak ada kaitan langsung dengan pengelolaan kegiatan belajar mengajar (KBM).

Februari

Berita dengan judul “Wawasan Kebangsaan Untuk Siswa SD Sangat Strategis” merupakan berita paling populer dibulan Februari 2017. Berita tersebut berisi tentang siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa.

Usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-cita dimasa yang akan datang. Dengan alasan tersebut, siswa SD juga perlu diberi materi tentang wawasan kebangsaan.

Maret

Berita dengan judul “125 Siswa Ramaikan Ajang OSN” merupakan berita paling populer dibulan Maret 2017. Berita tersebut berisi tentang sebanyak 125 siswa sekolah menengah pertama (SMP) berlaga di Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2017. Mereka bertarung menjadi yang terbaik di SMP Muhammadiyah Tempuran, Kabupaten Magelang. Mata pelajaran yang dilombakan meliputi Matematika, IPA dan IPS.

April

Berita dengan judul “Tekankan Konsistensi Pelajar Muhammadiyah” merupakan berita paling populer dibulan April 2017. Berita tersebut berisi tentang setiap pelajar yang mencapai  tujuan dan cita-cita yang baik, maka sikap serta perilakunya akan senantiasa terjaga dengan baik dalam berbagai situasi dan kondisi. Dengan sikap konsisten yang dimiliki setiap pelajar, maka akan mampu mendatangkan keberkahan dan manfaat dari setiap ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Mei

Berita dengan judul “SD Muhammadiyah Pujotomo Miliki Gedung Baru” merupakan berita paling populer dibulan Mei 2017.  Pada berita tersebut Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) Ir Eko Muh Widodo MT membuka acara peresmian gedung baru SD Muhammadiyah Inovatif Pujotomo. Kegiatan ini menjadi salah satu agenda dalam rangkaian Kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK) dan tabligh akbar yang sudah dicanangkan sebelumnya.

Juni

http://pakgurufisika.blogspot.co.id/2015/12/seminar-fisika-tinjauan-fisika-mengenai.html?m=1

Berita dengan judul “Ikuti Kompetisi Roket Air Siswa SMP” merupakan berita paling populer dibulan Juni 2017. Berita tersebut memberitakan bahwa kompetisi ini merupakan kesempatan bagi siswa – siswi yang gandrung berinovasi.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang kembali mengadakan lomba kompetisi roket air untuk siswa SMP sederajat. Lomba yang digelar pada Selasa, 25 Juli 2017 tersebut akan diikuti sekitar 25 sekolah di sekitar wilayah Kota Magelang, Jawa Tengah.

Juli

Berita dengan judul “Pelajar Indonesia Tiongkok Gelar Tari Tradisional Mongolia” merupakan berita paling populer dibulan Juli 2017. Berita tersebut ditujukan bagi pembaca yang ingin mengetahui langsung tari tradisional Mongolia, bisa segera datang ke Magelang, Jawa Tengah.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) menggelar Malam Gelar Seni Budaya Internasional di Atrium Artos Mall pada Senin, (31/7/2017). Seni budaya internasional yang diangkat kali ini adalah tari tradisional Mongolia.

Agustus

Berita dengan judul “Siswa dari Magelang Juarai Lomba Cipta Puisi” merupakan berita paling populer dibulan Agustus 2017. Pada berita tersebut dijelaskan Rangkaian Lomba Cipta Puisi yang diselenggarakan Artos Mall Magelang, Jawa Tengah sudah selesai. Karya yang terkumpul hampir mencapai 100 puisi. Mereka datang dari berbagai belahan pulau di nusantara.

September

Berita dengan judul “Fakultas Teknik Kumpulkan Kreativitas Generasi Muda” merupakan berita paling populer dibulan September 2017. Pada berita tersebut memuat tentang ajang Moto Modification Contest (MMC) 2017 yang digelar Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang sukses digelar. Kontes ini digunakan sebagai sarana menyalurkan minat dan hobi dari penggemar modifikasi motor.

Oktober

Berita dengan judul “Indonesia-India Ternyata Bersaudara” merupakan berita paling populer dibulan Oktober 2017. Pada berita tersebut Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah menggandeng dosen sekaligus praktisi Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) dari Universitas Jawaharlal Nehru, New Delhi. Kerjasama ini dilakukan langsung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa, Universitas Tidar. Praktisi bahasa Indonesia dari India, Prof. Dr. Gautam Kumar Jha, Ph.D terlibat pertemuan dalam acara Academic Sharing Pengajaran BIPA tersebut.

November

Berita dengan judul “Hari Guru, Siswa SMK Justru Sandera Kepala Sekolah” merupakan berita terpopuler dibulan November 2017. Pada kejadian tersebut Kepala sekolah dan enam guru di SMK Yudya Karya Kota Magelang, Jawa Tengah mendadak “disandera”.

Saat mereka memberikan breafing ke siswa usai mengikuti latihan dasar kepemimpinan sekolah (LDKS), tiba-tiba mata mereka ditutup. Lalu dibawa kabur, menuju lantai dua depan kelas 10.

Desember

Berita dengan judul “Guru Zaman Now, Ini Kriterianya” merupakan berita terpopuler dibulan Desember 2017. Pada berita tersebut menggambarkan di era milenial seperti sekarang ini, guru dituntut ekstra untuk mendidik anak didiknya.

Jangan sampai seorang guru sama sekali tidak bisa mendidik generasi anak zaman now, yang semakin melek teknologi informasi. Guru pun juga harus menyandang guru zaman now atau guru masa kini.

Welcome 2018

Sudah setahun kemarin para pelajar, guru, orangtua siswa, komunitas, dan pemerhati pendidikan serta masyarakat umum sudah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Mulai jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi negeri maupun swasta bersama-sama instansi dan perusahaan saling membantu agar tercipta pendidikan yang lebih baik secara berkesinambungan.

Sesuai dengan visi Siedoo Indonesia mengupas pendidikan dari pelosok negeri mari di tahun 2018 nanti kita isi dunia pendidikan agar semakin berkualitas pendidikannya. Itu untuk menuju Indonesia Hebat dan Berkarakter.

Apa Tanggapan Anda ?