Advertorial Kegiatan

Renungan Suci dan Ulang Janji Pramuka di SMP Negeri 3 Kota Magelang Berlangsung Khidmad

KOTA MAGELANG – Tanggal 14 Agustus merupakan momentum khusus bagi semua Pramuka di Indonesia, yaitu ditetapkan sebagai Hari Pramuka dan diperingati setiap tahun. Demikian pula di Kota Magelang. Di mana pada tahun ini, pada Kamis (13/8/2020) telah dilaksanakan Upacara Renungan Suci dan Ulang Janji oleh Kwartir Cabang Kota Magelang. Acara tersebut biasa dilakukan pada tahun sebelumnya menjelang peringatan Hari Pramuka 14 Agustus. Acara tersebutdilaksanakan secara virtual melalui YouTube Streaming, dimulai pada pukul 20.00 WIB dan berakhir pukul 20.40 WIB.

Ulang Janji dan Renungan dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Kota Magelang sebagai pembina upacara. Ditandai dengan pembacaan sejarah singkat Gerakan Pramuka, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya.

Para Pembina Pramuka SMP Negeri 3 Kota Magelang juga hadir ke sekolah dengan mengenakan pakaian dan atribut lengkap Pramuka. Mereka menyaksikan live streaming bersama-sama dengan menggunakan proyektor.

“Kita dapat me-refresh filosofi, mengingat kembali janji kita sebagai Pramuka. Apa yang sudah kita berikan kepada bangsa dan negara. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, Pramuka sebagai ujung tombak dalam penanggulangannya,” ujar Harjanta S.Pd, M.Pd, Kamabigus SMP Negeri 3 Kota Magelang, Kamis (14/8/2020).

Pagi harinya, mereka mengadakan apel di pangkalan SMP Negeri 3 Kota Magelang. Peserta yang hadir adalah Pembina Pramuka sebanyak 30 orang. Tahun-tahun sebelumnya, Peringatan Hari Pamuka biasanya dilakukan dengan mengumpulkan seluruh pembina di lapangan, kemudian membuat api unggun.

“Namun kali ini hanya bisa live streaming. Apel pagi didokumentasikan untuk kemudian dikirimkan ke siswa supaya tertular semangat kepramukaannya,” ungkap Harjanta.

Para Pembina sendiri mengaku sudah kangen dengan siswa-siswi untuk bertatap muka di kegiatan Pramuka yang biasanya dilaksanakan setiap hari Jumat. Tidak ada penugasan terkait Peringatan Hari Pramuka ke-59 ini. Namun , pembina tetap mengingatkan akan tugas-tugas sebagai seorang Pramuka, menumbuhkan jiwa kepramukaannya walau hanya di rumah saja.

“Di Hari Pramuka ini, saya berpesan kita selaku Pramuka harus terus menerapkan ikhlas bhakti bina bangsa, berbudi bawa leksana. Sehingga bisa mengabdi kepada bangsa untuk bisa memberikan yang terbaik. Jangan pernah merasa puas, tapi selalu merasa kurang atas apa yang sudah kita berikan terhadap bangsa tercinta. Salam Pramuka!” Pungkas Harjanta, S.Pd, M.Pd. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?