Advertorial Daerah

Rekreasi dan Belajar, TK Pertiwi Kiringan Jalan-jalan ke Dinas Perikanan

MAGELANG - Aktifitas sekolah sering kali menjadi sangat membosankan jika hanya dilakukan di dalam kelas. Karena itu, TK Pertiwi Kiringan, Kota Magelang, Jawa Tengah mengajak siswanya untuk belajar, bermain sekaligus jalan-jalan. Mereka diajak mengunjungi Dinas Perikanan Bojong, Mungkid, Kabupaten Magelang, Kamis (6/2/2020).

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pengalaman baru pada siswa dalam proses belajarnya. "Di kelas kita hanya tau macam-macam hewan air lewat peraga dan gambar saja. Dengan datang ke Dinas Perikanan saya harap mereka lebih tahu hewan-hewan air secara langsung," ujar Kepala TK Pertiwi Kiringan, Apriani Trihastuti, S.Pd.Aud.

Kegiatan yang melibatkan siswa dan orang tua ini berlangsung sangat menggembirakan. Kerja sama antara orang tua dengan pihak sekolah pun dapat terbangun dengan lebih baik.

Kegiatan jalan-jalan ini dimulai dengan mengenalkan macam-macam ikan tawar. Siswa diajak melihat langsung seperti ikan bawal, ikan koi dan lainnya. Selain itu siswa diajarkan untuk membedakan ikan hias dan ikan untuk dikonsumsi.

Sepuas melihat ikan-ikan tawar, siswa diajak mengenal pasar ikan. Kali ini siswa diajarkan untuk mengetahui ikan yang bisa dijual di pasaran dan ikan yang layak dikonsumsi.

"Disamping anak-anak tertarik untuk mengenal ikan, anak-anak juga bisa tertarik memelihara atau bahkan berternak ikan," kata Yusuf Syarif selaku petugas taman ikan dan tour guide outing class kali ini.

Menurutnya, kegiatan ini sesuai dengan slogan Pemerintah Kabupaten Magelang. Yaitu, makan ikan untuk mencegah kerdil. Dengan memperkenalkan siswa melalui kegiatan ini harapannya siswa bersahabat dangan ikan sejak dini dan mau mengkonsumsinya.

"Kegiatan seperti ini sangat bagus. Jadi selain belajar visi dari Pemerintah Kabupaten Magelang juga lebih mudah tercapai. Anak-anak datang dan kita menjelaskan itu malah lebih mudah," jelasnya.

Selain bermanfaat untuk mendukung pendidikan anak, kegiatan ini juga diharapkan mampu mengenalkan sekolah di muka umum. Sehingga TK Pertiwi Kiringan dapat dikenal masyarakat luas.

Seusai melihat bermacam ikan, siswa diajak bermain di taman bermain sekaligus menangkap dan memberi makan ikan. Siswa terlihat aktif dan lebih antusias pada sesi ini. Siswa juga berkesempatan membawa pulang hasil tangkapan ikannya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?