Advertorial Kegiatan

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Tanamkan Kepedulian Lewat Idul Adha

MAGELANG – Idul Adha dirayakan umat Muslim di dunia sebagai momentum melaksanakan ajaran Nabi Ibrahim AS. Ajaran yang dipetik dari Bapak Para Nabi itu adalah ketaatan melaksanakan perintah Allah SWT serta kepedulian terhadap sesama manusia.

Di masa kini, momen Idul Adha juga dapat diwujudkan sebagai ajang pendidikan generasi muda. Terutama dalam pendidikan karakter kepedulian terhadap sesama yang diharapkan dimiliki oleh para generasi millenial.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Untung Supriyadi, S.Pd.I mengatakan sekolahnya memiliki program berkurban untuk masyarakat di lingkungan SMK. Untung mengungkapkan program tahunan tersebut bertujuan melatih kepedulian siswa dan mengajarkan berbagai kepada masyarakat, utamanya mereka yang layak dibantu.

Kali ini 3 ekor kambing kurban dibagikan untuk warga Plambongan Tempel Dukun; Tirtosari Piyungan Sawangan; Nganten Ngawen Muntilan.

“Alhamdulillah ada seorang hamba Allah yang mempercayakan kepada kami dan menyerahkan seekor kambing kurban untuk warga Karangsari Pabelan Mungkid. Semua menjadi empat ekor kambing kurban,” kata Untung Supriyadi, Kamis (30/7/2020).

Dikatakan Untung, dana yang digunakan untuk pembelian hewan kurban dihimpun dari seluruh siswa untuk berlatih berkurban. Sedangkan untuk penyerahan hewan kurban setiap tahun bergantian untuk masyarakat di wilayah sekitar sekolah.

“Jadi tidak hanya dibagikan ke satu tempat yang sama, namun bergantian lokasi setiap tahunnya,” tambah Untung.

Saat penyerahan hewan kurban, perwakilan sekolah dan siswa juga mengadakan kerja bakti membersihkan masjid atau musala di dusun setempat. Sehingga hal ini dapat menjalin kedekatan antara SMK Muhammadiyah 2 Muntilan dengan masyarakat.

Sementara itu perwakilan warga Nganten Ngawen Muntilan, Agus Heri Purwanto menyampaikan ucapan terimakasih dari seluruh warga Nganten kepada pihak SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Karena telah mentasarufkan hewan kurban untuk jamaah musala Al-Huda Dusun Nganten.

“Jazakumullah khairan katsira, semoga berkah dan bermanfaat untuk umat. Kami berdoa semoga SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semakin maju dan berguna bagi masyarakat dan bermanfaat untuk menegakkan agama Allah berdasar syariat. Serta melalui kurikulum pendidikan yang dilaksanakan,” ucap Agus. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?