Ilustrasi PNS. Foto: net

Lowongan Nasional

Cumlaude, Sistem Baru untuk CPNS


JAKARTA – Untuk bisa menjadi CPNS jalannya tidak mulus. Harus ada sesuatu hal yang ditempuh. Untuk perekrutan tahun 2018, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) mensyaratkan harus melalui tes.

“Dulu ada PNS yang diterima tanpa tes,” kata Menteri PANRB Asman Abnur sebagaimana ditulis Jawa Pos.

Kementerian tersebut tidak ingin seseorang yang sudah menjadi aparatur sipil negara memiliki kualitas kinerja yang tidak baik.

“Untuk itu saya ingin menyampaikan dalam kesempatan ini, bahwa sistem rekrutmen harus kita perbaiki dan ini sudah kita mulai dari 2017 kemarin,” tambahnya.

Selain itu, sistem yang baru juga diterapkan berdasarkan prestasi di perguruan tinggi. KemenPANRB mengharuskan calon PNS mendapat predikat cumlaude pada masa kuliah.

“Saya syaratkan adalah anak-anak yang berasal dari lulusan cumlaude,” tandasnya.

Kementerian tersebut akan mengadakan penerimaan CPNS sekitar 218.000 orang pada tahun 2018.

Pengadaan termasuk untuk daerah dan difokuskan pada formasi, tenaga kesehatan hingga guru.

Sementara itu di tahun 2018 nanti, Pemerintah Kabupaten Cirebon membutuhkan 13.100 CPNS. Data yang digunakan adalah data di tahun 2013.

“Kebutuhan PNS di Kabupaten Cirebon sekitar 26.889 orang, sementara PNS yang ada dengan jumlah 13.789 pegawai. Sehingga kita membutuhkan 13.100 pegawai lagi,” kata Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi pada BKPSDM Kabupaten Cirebon Novi Hendrianto.

Apa Tanggapan Anda ?