Inovasi Kegiatan

Masuki Era New Normal, SMA Negeri 1 Magelang Terapkan Pembelajaran Daring Berintegritas

KOTA MAGELANG - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 telah dilaksanakan. Di mana pendaftaran pada tanggal 17-25 Juni 2020. Dilanjutkan tanggal 26-29 Juni 2020 evaluasi dan seleksi, dan 30 Juli 2020 pengumuman hasil seleksi PPDB. Kemudian kegiatan daftar ulang Calon Peserta Didik Baru (CPDB) dan verifikasi akhir dilakukan tanggal 1-8 Juli 2020.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Magelang, Drs. M. Arief Fauzan Bukhori, M.Pd.Si. mengungkapkan dalam menyongsong awal Tahun Pelajaran baru 2020/2021 di era New Normal, sekolah telah menyiapkan segala pendukungnya. Meliputi Tim Persiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Sesuai  Kebiasaan Baru (TP PPSKB) tingkat sekolah, Standar Operasional Prosedur (SOP), Sarana dan Prasarana, Kurikulum Pembelajaran, dan menyiapkan lingkungan sekolah. Sedangkan protokol kesehatan guna menekan penularan Covid-19 bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pun telah disiapkan.

“Di mana semua warga sekolah wajib memakai masker, serta membawa Vitamin C, air minum, tisu, alat makan dan makanan, Hand Sanitizer, dan perlengkapan ibadah. Tidak lupa selalu menerapkan pola hidup sehat,” ungkapnya.

Arif Fauzan menjelaskan, pembelajaran di SMA Negeri 1 Magelang dapat dilaksanakan melalui Pembelajaran daring dari rumah maupun pembelajaran di sekolah. Kesiapan para guru memasuki Pembelajaran di Era New Normal melalui penguatan pelatihan pembelajaran yang diikuti oleh semua guru.

“Guna memantapkan kesiapan para guru, dilaksanakan pelatihan pembelajaran bagi para guru tentang pemanfaatan aplikasi schoology dalam pembelajaran. Kegiatan telah dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020 lalu dan akan ditindaklanjuti penerapannya pada tanggal 10 Juli 2020 di sekolah ini,” jelas Arief.

Pihak sekolah berharap pada saat pembelajaran dimulai, para guru sudah mahir menggunakan aplikasi schoology tersebut dalam pembelajaran. Dengan pembelajaran daring melalui aplikasi schoology, kepala sekolah bisa mengontrol keaktifan para guru dan para peserta didik.

“Sekolah juga telah melaksanakan kegiatan-kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan secara online. Antara lain pembelajaran daring, ujian sekolah online, dan juga kegiatan Purna Peserta Didik secara virtual,” terangnya.

Seanjutnya Arief Fauzan menuturkan, mulai tahun pelajaran baru telah disiapkan kegiatan pembelajaran daring berintegritas di sekolah dan dari rumah. SMA Negeri 1 Magelang sebagai Sekolah Berintegritas berupaya semua warga sekolah harus memiliki pribadi jujur dan berkarakter kuat dengan nilai-nilai integritas.

“Nilai-nilai integritas meliputi jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana , berani, dan adil,” tuturnya.

Pembelajaran di masa pandemi memerlukan perubahan mindset belajar. Yaitu belajar bagaimana belajar dan belajar dalam situasi baru untuk memperoleh pengalaman baru belajar. Pembelajaran pada masa ini memerlukan kearifan dan kesabaran bahwa belajar bukan semata-mata capaian hasil. Melainkan pemerolehan pengalaman melalui proses belajar yang menantang dan penuh seni perjuangan.

“Jadi pembelajaran daring tetap mengedepankan integritas peserta didik. Sehingga mereka selalu berperilaku jujur, belajar keras, bertanggung jawab, percaya diri, berdisiplin tinggi, berinisiatif, dan mengembangkan kreativitas agar Sukses Beraksi Raih Prestasi,” pungkas Drs. M. Arief Fauzan Bukhori, M.Pd.Si. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?