Daerah Kegiatan

SMK Negeri 1 Cikarang Selatan Menilai PPDB Online Lebih Mudah

BEKASI - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020 tahap dua di Jawa Barat (Jabar) telah selesai. Seluruh satuan pendidikan di Jabar telah maksimal melayani masyarakat. Tak terkecuali SMK Negeri 1 Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Kepala Sub-Bagian Tata Usaha sekaligus Panitia PPDB di SMKN 1 Cikarang Selatan, Siti Hunainah mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan PPDB di sekolahnya berjalan lancar. Ini tak terlepas dari persiapan matang yang dilakukan sekolah, mulai dari persiapan, sosialisasi hingga pelaksanaan.

"Penyiapan SDM di sekolah, koordinasi dengan operator SMP serta persiapan sarana sekolah sudah disiapkan dengan baik," ungkapnya, dilansir disdik.jabarprov.go.id, Kamis (2/7/2020).

Siti menjelaskan, pihaknya pun telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Mulai dari mewajibkan masyarakat di lingkungan sekolah mengenakan masker, menyediakan fasilitas cuci tangan, adanya pengecekan suhu tubuh, dan seluruh panitia yang bertugas menggunakan face shield.

Selain itu, fasilitas pelayanan calon peserta didik dan orang tua pun telah disiapkan dengan baik. Menurutnya, sekolah telah menyiapkan ruang informasi dan pelayanan bagi calon peserta didik yang terkendala fasilitas untuk mendaftar.

"Kita telah siapkan tim yang memang sudah menguasai informasi teknologi. Untuk bagian informasi dan pelayanan sudah kami siapkan bagi calon peserta didik yang mendaftar secara mandiri," tuturnya.

Jika ada aduan atau permasalahan, tambahnya, pihaknya selalu berkoordanasi dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III. Namun, Siti menegaskan, seluruh aduan dan pertanyaan dari calon peserta didik akan diselesaikan semaksimal mungkin oleh panitia PPDB tingkat sekolah.

"Jika bisa diselesaikan di lapangan, akan kita selesaikan. Sekolah sudah siap dengan permasalahan yang ada," tegasnya.

Menurut Siti, PPDB 2020 yang diselenggarakan secara online berdampak positif. Salah satunya, lebih memudahkan dalam proses pendataan. Namun, Siti menyarankan, persiapan PPDB sebaiknya diberikan waktu lebih lama.

"Karena, dalam menyiapkan sarana dan prasananya lebih banyak melibatkan sumber daya manusia," ungkapnya.

Ia menjelaskan, tahun ini pendaftar di SMK Negeri 1 Cikarang Selatan berjumlah 1.198 peserta didik, meningkat dari tahun sebelumnya. Adapun kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Cikarang Selatan, yakni teknik komputer jaringan, akuntansi, teknik instalasi tenaga listrik, teknik elektronik industri, dan teknik permesinan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?