Advertorial Kegiatan

Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, IKAIPMU Bagikan Paket Sembako

MAGELANG – Merebaknya pandemi Covid-19 memberikan dampak seluruh aspek kehidupan, termasuk aspek ekonomi masyarakat. Dampak sangat dirasakan terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan buruh harian. Di mana penghasilan mereka tidak tentu, seperti tukang ojek, pemulung, pedagang keliling, tukang becak, dan sebagainya.

Keprihatinan itu mengetuk hati Ikatan Alumni Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Mutual (IKAIPMU) Kota Magelang untuk membantu mereka. Maka IKAIPMU yang dibentuk tanggal 7 Mei 2020 ini mencetuskan untuk menggalang dana dari keluarga besar SMA Mutual tiap angkatan. Dengan tujuan membantu meringankan perekonomian masyarakat terdampak Covid-19 tersebut.

Penanggung jawab kegiatan, Syafrizal Cahya Dzikriansyah mengatakan IKAIPMU merupakan kolaborasi angkatan 2015-2020. IKAIPMU memiliki agenda berkumpul setahun sekali pada bulan Ramadan untuk mengadakankegiatan.

“Namun karena pandemi ini tidak memungkinkan kami berkumpul, sehingga tercetuslah social project ini,” kata alumni IPM 2018 ini.

Keluarga dan Alumni SMA Mutual

Tukang ojek, tukang becak, pemulung, buruh serabutan, dan kaum dhuafa menjadi sasaran pembagian paket sembako dari IKAIPMU. (foto: Humas SMA Mutual)

Selanjutnya pemuda yang kini melanjutkan studi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ini mengatakan, penggalangan dana sebagian besar dari keluarga dan alumni SMA Mutual Kota Magelang.

“Alhamdulillah, hasil penggalangan donasi tanggal 9-19 Mei 2020 lalu terkumpul dana 3.020.000 rupiah,” ungkapnya.

Dikatakan Syafrizal, bantuan yang terkumpul tidak hanya berupa uang. Tapi juga dalam bentuk lainnya, seperti beras, telur, dan masker. Dari seluruh donasi yang terkumpul, IKAIPMU dapat membagikan 109 paket sembako yang berisi 1 kg beras, 3 butir telur, 2 bungkus mie instan, 250 gr gula, 220 ml minyak, teh, dan masker.

Donasi dibagikan pada tanggal 21 Mei 2020 dengan lokasi Kota Magelang, yaitu alun-alun, Jalan Ikhlas, Rejowinangun, Jalan Tidar, dan Canguk. Warga yang dibantu seperti seperti tukang becak, pemulung, tukang ojek, pedagang keliling, dan kaum dhuafa.

“Juga kami bagikan di daerah Kabupaten Magelang, seperti di Kecamatan Kaliangkrik, Mertoyudan, Bandongan, dan Sawangan. Juga sebagian dibagikan di daerah Purworejo,” tuturnya.

Selalu Bersyukur

Selanjutnya Syafrizal berharap dengan adanya kegiatan ini semoga dapat menyadarkan semua untuk selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu peka terhadap sekeliling, dan selalu mau berbagi menurut kemampuan.

“Selain itu semoga kegiatan ini dapat memberikan contoh kepada adik-adik IPM dan masyarakat lain untuk mau bergerak membantu sesama. Semoga IKAIPMU lebih solid lagi dan dapat berguna bagi sesama,” ucapnya.

Senada dengan Syafrizal, salah satu alumni SMA Mutual, Tsara Afifatusshalihah berharap semoga bantuan sembako yang diberikan bermanfaat dan dapat teringankan beban para penerima.

“Untuk para donatur semoga berkah dan semakin dilancarkan rizkinya. Yang paling utama yaitu semoga pandemi ini segera berlalu agar kita bisa berkativitas normal kembali. Aamiin,” harapnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?