Advertorial Kegiatan

Ramadan Ceria, KB dan TK Islam Jami'atul Quro' Gelar Lomba Hafalan Online

MAGELANG - Bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Bagi siswa KB dan TK Islam Jami’atul Quro’ biasanya kegiatan Ramadan menjadi bulan yang dinanti anak-anak karena banyak sekali program menyenangkan bagi anak–anak, di antaranya Lomba Hafalan dan Mabit atau Pesantren Ramadan.

Kepala KB dan TK Islam Jami'atul Quro', Eka Anita Dewi, S.Pd mengatakan kegiatan Ramadan di KB dan TK Islam Jami’atul Quro’ menyesuaikan kondisi. Saat ini yang mana sekolah harus melaksanakan program Belajar di Rumah sesuai perintah pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19.

"Lomba hafalan tahun ini tetap berjalan meskipun dengan cara online," katanya.

Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Mei 2020 itu diikuti oleh peserta didik KB dan TK Islam Jami’atul Quro’ sebanyak 135 anak. Dalam lomba tersebut pihak sekolah bekerjasama dengan walimurid untuk merekam kegiatan anak menghafal di rumah. Rekaman dengan atribut lomba dan materi surat pendek Alquran yang sudah ditentukan oleh sekolah.

Kemudian video rekaman anak dikirim melalui grup WhatsApp (WA) kelas. Selanjutnya guru kelas dan kepala sekolah menilai hasil lomba anak. Kriteria penilaian anak adalah keberanian, kemandirian dan kefasihan dalam menghafal surat pendek Alquran.

Selama pelaksanaan lomba tidak ada kendala yang menonjol, karena sebelum lomba semua guru sudah memberikan motivasi melalui video. Di mana intinya mengajak anak-anak untuk ikut lomba hafalan dengan memperebutkan trofi kejuaraan.

Untuk kejuaraan setiap kelas diambil 3 terbaik dengan kriteria total nilai tertinggi dalam setiap kelasnya. Di akhir penilaian, untuk nilai tertinggi dari semua kelas diraih oleh Ananda Aqila Khansa Qaisara, dari kelas A3 dengan total nilai 570.

"Alhamdulillah kegiatan ini mendapat respons sangat bagus dari walimurid dan anak-anak," ujar Eka.

Ditambahkan, mereka berharap di setiap tahun diadakan lomba serupa guna memotivasi anak–anak dalam menghafal surat pendek Alquran. Pengumuman pemenang lomba diumumkan di grup WA kelas, dan teknis pengambilan hadiah di sekolah harus sesuai protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami sampaikan ke orang tua, jadwal pengambilan hadiah secara bergantian setiap kelasnya," pungkas Eka. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?