Advertorial Kegiatan

Tanamkan Karakter Anak Melalui Lagu ‘Garuda Pancasila’

MAGELANG – Dalam pembelajaran daring di masa Belajar di Rumah, guru harus inovatif memberikan tugas kepada siswa-siswinya. Termasuk penanaman karakter kepada anak yang saat ini sedang melaksanakan pembelajaran di rumah masing-masing. Salah satunya seperti dilakukan guru TK Pertiwi Kiringan Kota Magelang, Jawa Tengah.

Salah satu guru TK Pertiwi Kiringan, Dina Irawati, S.Pd memberikan tugas kepada siswa-siswinya membuat video menyanyi lagu wajib nasional ‘Garuda Pancasila’. Menurut Dina, pemberian tugas tersebut adalah untuk menanamkan sikap percaya diri kepada anak. Dengan sikap percaya diri, anak menjadi yakin akan kemampuan dirinya.

“Terutama dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru, berupa berbagai kegiatan di rumah termasuk pembiasaan anak,” katanya.

Bila anak memiliki sikap percaya diri yang tinggi maka karakternya akan semakin kuat. Di mana pendidikan karakter yang diutamakan adalah karakter Pancasila. Dengan karakter Pancasila akan terbentuk karakter generasi Indonesia yang tangguh.

“Pendidikan karakter Pancasila ini dimulai dengan kemampuan menyanyikan lagu ‘Garuda Pancasila’ dan divideo,” ujar Dina.

Kirim Video Tugas

Dijelaskan Dina, video anak menyanyikan lagu ‘Garuda Pancasila’ tersebut kemudian dikirimkan ke guru, sebagai laporan mengerjakan tugas. Ternyata peserta didik TK Pertiwi Kiringan Kota Magelang dapat menyanyikan lagu itu dengan baik, tentu dibantu orang tua masing-masing.

“Kami berharap dengan tugas membuat video menyanyi lagu ‘Garuda Pancasila’ tersebut, anak-anak dapat semakin meningkat rasa percaya diri mereka,” harapnya.

Sementara Kepala TK Pertiwi Kiringan Kota Magelang, Apriani Tri Hastuti, S.Pd.AUD mengungkapkan penanaman karakter anak sangat penting, terutama karakter Pancasila. Apriani mengatakan generasi muda saat ini mengalami krisis karakter, salah satunya karakter kebangsaan. Untuk itu jangan sampai anak-anak yang sekarang ini duduk di bangku TK miskin karakter ke depannya.

“Sehingga untuk memperkaya karakter generasi bangsa, pendidikan karakter hendaknya ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini,” ujarnya.

Melihat video salah satu anak didiknya bernama Nayla Nasya yang sedang menyanyikan lagu ‘Garuda Pancasila’ dan diiringi gitar, Apriani merasa bangga. Terlebih di saat wabah Covid-19 menerpa saat ini, guru dan peserta didik TK Pertiwi Kiringan Kota Magelang tetap semangat melaksanakan pembelajaran daring. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?