Advertorial Daerah

Menyelami Dunia Digital, Lindungi Keamanan Data Anda

MAGELANG - Himpunan Mahasiswa Informatika (Himanifo) Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah menyelenggarakan seminar nasional sekaligus workshop dengan tema All About Security, Sabtu (14/3/2020) di Auditorium Kampus 1 setempat.

Kegiatan itu digelar untuk menekankan tentang pentingnya perlindungan data (data security) baik data pribadi maupun data milik perusahaan dan pemerintahan. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang kian melesat. Bahkan penyimpanan data menggunakan perangkat lunak sudah tidak dapat dihindari lagi.

Ketua panitia kegiatan, Yusril Febrianto menyampaikan, kegiatan ini merupakan usaha dari Himaninfo untuk mengarahkan masyarakat umum tentang pentingnya pengamanan data dan bagaimana cara mengamankan data.

"Kegiatan ini untuk memberi tahu ke masyarakat umum bahwa IT security itu penting, terutama pada masyarakat umum yang gak ngerti IT security itu apa," ujarnya.

Kegiatan seminar dan workshop yang menghadirkan narasumber dari seorang CEO dari salah satu perusahaan, Josua M Sinambela, S.T, M.ENG dan seorang IT security Edo Maland ini menarik kurang lebih 300 peserta. Baik, dari mahasiswa, civitas akademik dan masyarakat umum.

Dalam menyampaikan materinya Josua mengatakan, hampir seluruh data yang disimpan oleh setiap orang sangat mudah diretas. Karena itu pengamanan data sangat dibutuhkan. Terlebih untuk data-data yang sifatnya amat penting.

Menurutnya, pengamanan data bisa dilakukan menggunakan perangkat lunak berbayar dan tidak berbayar. "IT security bisa pakai apa saja, semuanya bisa. Mau pakai cara yang bagus banget tapi kalau masih bisa diretas itu sama aja. Jadi bisa pakai cara yang sederhana sesuai kebutuhan asal data bisa terlindungi itu udah cukup," jelasnya.

Lebih lanjut Josua memberi pesan untuk mem-back up data yang dimiliki sebab meskipun data sudah diamankan akan tetap ada kemungkinan untuk diretas.

Selanjutnya dalam sesi workshop peserta akan diajak untuk mencoba mengamankan data memalui perangkat lunak yang disampaikan Edo Maland. Dalam kesempatan ini peserta diberi arahan langsung untuk mengamankan data agar tidak mudah diretas.

Salah satu peserta pun merasa sangat diuntungkan dengan diadakan acara tersebut. "Kegiatan ini bagus, buat yang tidak terbiasa menggunakan teknologi jadi tahu perkembangannya udah pesat banget. Ini penting sekali untuk instansi pemerintah yang sekarang juga banyak menggunakan IT jadi ya bagus," kata Yanti peserta dari sekretariat daerah Magelang. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?