Daerah

UM Magelang Sampaikan Strategi Masuk Dunia Kerja ke Wisudawan

MAGELANG - Para wisudawan diharapkan setelah lulus dapat menerapkan keahlian hardskill dan softskill yang sudah didapat di bangku kuliah. Sehingga, bisa bekerja sesuai dengan keinginan dan kompetensinya. Lebih bagus lagi jika calon wisudawan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Di era industri 4.0, pekerjaan yang ada saat ini dikemudian hari pasti akan tergantikan oleh tenaga digital. Bahkan, tenaga manusia diganti oleh robot," ujar Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah Ir. Eko Muh Widodo, MT dalam sambutan Pembekalan Calon Wisuda Angkatan ke-71.

Ia menyampaikan bahwa calon wisudawan didominasi freshgraduate yang belum bekerja. Pada kegiatan tersebut, calon wisudawan mendapatkan materi dari narasumber yang ahli pada bidangnya.

Di sesi pertama, dihadirkan pemateri dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang, Nita Budi Astuti, SE yang menyampaikan tentang hal yang perlu dipersiapkan dalam memasuki dunia kerja. Terlebih di zaman yang serba digital seperti saat ini.

Nita juga menjelaskan bagaimana cara membuat CV dan surat lamaran pekerjaan yang tepat. Serta bagaimana cara memahami proses wawancara dan psikotes dalam proses seleksi di dunia kerja agar tidak menjadi kesalahan yang terulang setiap tahunnya, terlebih bagi para freshgraduate.

Di sesi kedua, Rayinda Faizah, M.Psi., Psi memaparkan tentang keterampilan literasi keuangan bagi calon wisudawan. Kegiatan pembekalan diakhiri dengan sesi cerita sukses alumni oleh Bambang Triharyanto SH, alumni Fakultas Hukum dan Larista, SE, MM, alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang keduanya tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UM Magelang.

Untuk diketahui, Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) Universitas Muhammadiyah Magelang menyelenggarakan Pembekalan Calon Wisuda Angkatan ke-71. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Mengenali dan Strategi Masuk Dunia Kerja”.

Tema ini diangkat karena para wisudawan dirasa sangat memerlukan pendampingan dalam mengenali strategi khusus, dalam dunia kerja di era industri 4.0. Pembekalan wisuda ini dilaksanakan di Auditorium kampus 1 UM Magelang Jalan Tidar No 21 Magelang, Selasa (17/9/2019)

Ketua LPMA UM Magelang Ns. Margono, M.Kes mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja dan juga membentuk pribadi yang berkarakter positif. Sesuai visi misi kampus UM Magelang .

“Pembekalan ini dihadiri kurang lebih 650 calon wisudawan, sedangkan 150 calon wisudawan lainnya berhalangan hadir dan mereka semua akan diwisuda pada Sabtu, 28 September mendatang,” kata Margono. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?