Advertorial Daerah

Siswa RA Al Iman Berkunjung ke Perpusda, Diakrabkan dengan Buku Sejak Dini

MAGELANG - RA Al Iman 1 Kota Magelang, Jawa Tengah berkunjung ke perpustakaan daerah (perpusda), belakangan ini. Kunjungan ini tidak lain untuk mengakrabkan siswa dengan buku sebagai sumber belajar.

"Agar perpustakaan itu menjadi rekreasi untuk anak. Nanti pas liburan akhir minggu anak-anak bisa memilih perpustakaan sebagai tempat untuk berlibur," ujar Kepala RA Al Iman 1 Kota Magelang, Saudah Sundarti, S.Pd.

Anak-anak diarahkan untuk berkunjung ke ruang bermain. Mereka mendapat arahan dari pengurus perpustakaan tentang peraturan berkunjung, seperti tenang saat dalam area perpustakaan dan juga merawat buku dengan baik.

Selanjutnya siswa mendengarkan dongeng dari Ibu Ana, pendongeng dari perpusda. Dalam dongeng disediakan cerita tentang arti penting membaca serta menjauhkan anak dari paparan gadget.

"Kebanyakan anak sekarang lebih suka bermain gadget daripada membaca buku. Jadi kita kenalkan buku kepada anak-anak agar lebih tertarik untuk membaca," tuturnya.

Dijelaskan, untuk mencegah siswa bosan dengan suasana sekolah maka siswa diajak untuk bermain sambil belajar di perpustakaan. Serta mengenalkan kepada siswa bahwa belajar itu bisa menjadi suatu hal yang mengasyikkan.

Selesai mendengarkan dongeng yang seru, siswa diajak untuk menonton film edukasi yang mengajarkan untuk menyukai buku dan membiasakan membaca buku. Film ini menjadi rangsangan bagi siswa untuk mencintai dunia literasi.

"Kegiatan ini juga mendukung program pemerintah untuk mencanangkan kegiatan literasi melalui membaca," tambahnya.

Melalui perpustakaan, siswa diharapkan bisa mengenal huruf dan bahasa untuk modal belajar. Bagi siswa yang belum bisa membaca diharapkan bisa membaca dan memahami melalui gambar dari buku yang disediakan.

Kegiatan ini diakhiri dengan mengelilingi ruamg-ruang di perpusda. Tujuannya untuk mengenalkan ruang-ruang sesuai dengan klasifikasinya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?