Daerah

Upacara Bendera Tiap Senin Tumbuhkan Siswa Berkarakter

MAGELANG - Setiap hari Senin, sekolah melaksanakan kegiatan Upacara Bendera sebelum kegiatan belajar bengajar dimulai. Termasuk di SDN Wringin Putih 1 Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (17/2/2020).

Uniknya yang menjabat sebagai pembina upacara bukanlah kepala sekolah atau guru setempat. Melainkan Sertu Haryanto, anggota Koramil Borobudur yang sehari - harinya sebagai Babinsa Wringin Putih.

Upaca tersebut mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera.

Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Dalam amanat pembina upacara menekankan tentang perlunya pendidikan karakter untuk meningkatkan nilai-nilai karakter bangsa.

"Semoga kegiatan Upacara Bendera ini dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa dan mencetak generasi-generasi yang kuat dan tangguh. Sehingga pada akhirnya tujuan pendidikan karakter yang dicita-citakan dapat terwujud dengan baik," ungkap Sertu Haryanto.

Selain itu, pembina upacara juga meminta agar para siswa senantiasa meningkatkan disiplin dalam segala aspek kehidupan.

Upacara juga diikuti Kepala SDN Wringin Putih, Titik Maria Ulfa S.Pd,  seluruh guru dan karyawan sekolah tersebut. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?