Advertorial Daerah

Metode Sentra di TKIT Al-Hikmah Secang, Stimulus Anak Betah Belajar di Sekolah

MAGELANG – Di TKIT Al-Hikmah Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah peserta didik diberi pembelajaran dengan metode Sentra. Setiap pekannya dibuat 3 jadwal untuk menerapkan metode tersebut. Hal ini dilakukan agar mereka jenak belajar di kelas atau lingkungan sekolah.

Wali kelas, Nur Amalia mengatakan, ketiga jadwal metode itu Senin sampai Kamis untuk Sentra Imtaq. Yaitu, melatih kematangan iman dan taqwa. Sentra Imtaq dilaksanakan pukul 09.30 - 11.00 WIB.

“Kegiatannya meliputi hafalan doa-doa, hafalan surat-surat pendek, kandungan pembelajaran, qira’ah, dan mengenal huruf hijaiyah,” terangnya, Rabu (29/1/2020).

Nur Amalia melanjutkan, jadwal kedua Jumat. Jadwal ini dinamakan Jumat Ceria. Isinya berupa permainan tradisional, cooking class, outing class , nonton bareng, atau kreativitas anak. Sentra Jumat Ceria ini berganti kegiatan setiap pekannya.

“Sedangkan jadwal Sentra ketiga hari Sabtu, diisi kegiatan ekstrakurikuler. Baik wajib seperti pildacil, gerak dan lagu, rebana, dan menari. Sementara ekstrakurikuler pilihan berupa Bahasa Inggris,” lanjut Amalia.

Kepala TKIT Al Hikmah, Yamtinah S.Pd mengatakan, peserta Sentra adalah anak-anak play grup, TK A dan TK B. Menurutnya, metode ini untuk mengembangkan potensi anak dari semua aspek perkembangan.

“Seperti perkembangan kognitif, afektif, psikomotor, bahasa, sosial, emosional, dan seni,” terangnya.

Diterangkan, ada 6 macam Sentra yang dikembangkan di TK ini. Yaitu Sentra Ibadah, Sentra Balok, Sentra Alam Cair, Sentra Seni, Sentra Main Peran, dan Sentra Persiapan. Masing-masing Sentra berisi berbagai kegiatan variatif tiap pekannya.

“Misalnya Sentra ibadah berisi keislaman, pengenalan huruf dan angka Arab, mengenal waktu salat, syarat sah pakaian untuk salat, dan sebagainya,” terangnya.

Dijelaskannya, untuk menambah semangat anak, pihaknya mengundang pengajar atau pelatih dari luar yang mumpuni di bidangnya. Hal itu pun mendapat dukungan dari orang tua anak. Selama ini orang tua mendukung, antusias, dan senang.

“Menurut para orang tua, karena Sentranya bervariasi, anak-anak malah lebih ssemangat dan betah di sekolah. Artinya, metode Sentra ini membuat anak nyaman dan senang belajar di sekolah,” pungkasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?