Advertorial Daerah

Tanamkan Cinta Al - Quran Melalui CQN

MAGELANG  - Pondok Pesantren Ihsanul Fikri Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah setiap tahunnya menggelar kegiatan Camp Qur’an Nasional (CQN). Menjelang akhir 2019 pelaksanaanya selama enam hari, Sabtu - Kamis (14 – 19/12/2019), terbuka untuk umum.

Sekitar seratus lima puluh peserta mengikuti kegiatan dari naungan Yayasan Tarbiatul Mukmin yang bertema “For Our Better Indonesia” tersebut. Mayoritas diikuti dari kalangan pelajar mulai dari SMP, SMA dan Mahasiswa.

“Kalau materi ada tiga program utama, diantarany, tahsin (memperbaiki bacaan Al-Quran), murajaah (mengulangi hafalan), lalu yang ketiga adalah ziadah (menambah hafalan). Ditambah lagi dengan kajian – kajian Islami yang kaitannya dengan Al – Quran,” kata ketua panitia, Muhamad Nasir Safua.

Terdapat empat pemateri yang dihadirkan untuk mengisi materi tambahan. Di antaranya, Kyai Ahmad Husain, S.Pd., M.P.d, Al Hafidz memberi materi Generasi Terbaik Generasi Qurani, KH. Muhtadi Kadi, Lc memberi materi Berinteraksi dengan Al – Quran Sebagai Langkah Perubahan, KH. Ahmad Fadhlullah, Lc memberi materi Cinta Al – Quran Agar Indonesia Lebih Baik dan KH. Ahmad Kasban Syarqowi, Lc., M.Si, Al Hafidz memberi materi Raih Cinta Allah dengan Al – Quran.

“Kita adakan kegiatan itu dan tujuannya bagaimana mereka dengan Al – Quran itu akan lebih baik dan pribadinya tertata,” ujar guru Al – Quran SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan tersebut.

Menurutnya, memang sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk membaca dan mempelajari Al – Quran. Tanggung jawab seorang muslim bagaimana mendekatkan diri kepada Al – Quran, karena dengan adanya Al – Quran, semua kehidupan dunia dan akhirat ada di Al – Quran.

“Ketika orang dekat dengan Al – Quran, insyhaAllah hidupnya di dunia dan akhirat akan dijamin oleh Allah SWT kebahagiaannya, kebekahan dan sebagainya,” tuturnya.

Ditambahkannya, tidak hanya membaca saja namun juga memahami setiap ayat yang dibaca. Sehingga orang yang bersungguh – sungguh mempelajari dan dekat dengan Al – Quran, secara otomatis juga dekat dengan Allah SWT.

“Memang salah satu program unggulan di sini, SMP atau SMA IT Ihsanul Fikri itu Al –Quran. Kita memang setiap tahun di setiap angkatan mencetak pasti ada yang selesai hafal 30 juz,” imbuhnya.

Dijelaskannya, ada hadist yang menyampaikan bahwa sebaik – baiknya manusia adalah orang – orang yang mempelajari Al – Quran. Ketika sudah mempelajari dan memahami, dia mengajarkan kepada orang lain.

Banyak orang bisa membaca Al – Quran, tapi belum tentu jatuh cinta kepada Al – Quran. Pembiasaan itu perlu, karena kalau semakin biasa dengan Al – Quran, maka juga semakin dekat dengan Al – Quran.

“Ini CQN sudah yang ke delapan dan setiap tahunnya mendapat kesan yang baik,” tandasnya.

Tidak hanya ilmu saja yang diperoleh, namun peseta juga mendapat sertifikat dan souvenirs setelah kegiatan usai. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?