Siswa SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan Mungkid Jawa Tengah dalam kegiatan Perkemahan Pesantren Nasional 3 | foto: SPMP IT Ihsanul Fikri Pabelan

Advertorial Daerah

Tambahkan Wawasan Kepramukaan, Kontingen Ihsanul Fikri Ikuti Tiga Kemah Besar


MAGELANG  - Pondok Pesantren Ihsanul Fikri dan SMPIT Ihsanul Fikri Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah mengirimkan tiga kontingen untuk mengikuti tiga kemah besar. Diantaranya Perkemahan Pesantren Nasional (Perpesnas), Kemah Wilayah (Kemwil), dan Perkemahan Internasional (Ipsics).

Kontingen pertama, mengikuti kegiatan Perpesnas di Cibubur, Jawa Barat. Peserta kontingen berasal dari anggota Hizbul Aula dan Dewan Ambalan. Mereka berangkat menuju bumi perkemahan pada (28/10/2019).

Sebelum keberangkatan, kontingen melakukan upacara pelepasan bersama kontingen dari SMAIT Ihsanul Fikri. Mereka juga telah melakukan latihan rutin selama satu bulan dalam rangka mempersiapkan penampilan di kegiatan Perpesnas.

Bumi perkemahan Cibubur menjadi tempat peserta Perpesnas 3 yang mengikuti beberapa rangkaian acara seperti, temu tokoh Dr.Ir.KH. Shalahuddin Wahid, Dr. Muhammad Razikun, CPA, Jendral Gatot Nurmantyo, H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D, serta mengikuti lomba-lomba seperti yel-yel, memanah, berkuda, pidato, pentas seni, dan MHQ.

Tahun ini kontingen Perpesnas dari SMPIT Ihsanul Fikri belum mendapatkan piala kejuaraan dalam kegiatan Perpesnas 3. Meski belum mendapatkan juara, kontingen Perpesnas tetap gembira karena mendapatkan banyak ilmu, pengalaman, dan teman baru dari berbagai daerah.

Kegiatan Perpesnas tersebut berakhir pada Kamis (31/10/19). Sedangkan Kontingen kembali sampai di kompleks Ihsanul Fikri pada Jumat (1/11/19).

Pada Kontingen kedua, mengikuti Kemah Wilayah (Kemwil) di Sragen Solo, Jawa Tengah. Peserta kontingen berasal dari anggota Hizbul Aula. Latihan dimulai dari satu bulan sebelumnya dengan dibimbing alumni SMAIT Ihsanul Fikri. Kemudian Kontingen Kemwil berangkat pada Senin (4/11/2019).

Sebelum pemberangkatan, dilaksanakan upacara pelepasan oleh Kepala Sekolah SMPIT Ihsanul Fikri, Drs. Khanifudin Zuhri di Kompleks Ihsanul Fikri. Kegiatan Kemwil ini, dilangsungkan selama lima hari (4 – 8/11/2019).

Peserta Kemwil sebagian besar adalah sekolah yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yang terdiri dari SD, SMP, dan SMA Islam Terpadu se-Jawa Tengah. Selain untuk meningkatkan ukhuwah antar kontingen JSIT. Perkemahan ini tidak lain untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan dalam kepramukaan.

Terakhir, kontingen ketiga dikirim untuk mengikuti Perkemahan Internasional atau Ipsics yang akan diadakan di Thailand (20/11/2019). Sejumlah 20 peserta sudah mengikuti beberapa seleksi, yakni wawancara dan pengisian Syarat Kecakapan Umum (SKU).

Peserta Ipsics akan berangkat didampingi Pawit Riyadi, S.Pd.Si dan Sri Oktaviani, S.Pd selaku pembina pramuka untuk menuju Negeri Gajah Putih tersebut. Kegiatan pada dua hari pertama adalah gladi dan tiga hari selanjutnya adalah acara inti.

Tujuan diadakannya acara ini, agar para peserta kontingen dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan serta memperkenalkan kepada siswa tentang dunia internasional.

Setiap kontingen memiliki persiapan yang berbeda-beda. Kontingen Perpesnas lebih memfokuskan latihannya dalam bidang yel-yel, berbeda dengan kontingen Kemwil yang memfokuskan latihannya pada bidang PBB variasi. Sedangkan kontingen Ipsics fokus dalam persiapan mahakarya yang memperkenalkan budaya Indonesia. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?