Ilustrasi guru PAUD tengah bercerita. I foto : ist

Nasional

Tingkatkan Kualifikasi Ribuan Guru PAUD dan TK, Pemerintah Berikan Bantuan


JAKARTA - Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan (Direktur PTK) Kemendikbud, Santi Ambarukmi mengungkapkan, kompetensi dan kualifikasi tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memang belum sepenuhnya dipenuhi sesuai dengan aturan yang ada.

“Kita ingin betul bahwa kalau memang anak-anak disiapkan untuk masuk ke jenjang yang berikutnya agar siap di masyarakat tentu dari awal sudah dididik oleh orang-orang yang berkualifikasi mumpuni. Sehingga, mereka tidak salah langkah dan betul-betul siap,” kata Santi.

Dilanjutkan, pemerintah memberikan bantuan pemerintah (banpem) untuk peningkatan kualifikasi 700 guru TK. Sementara untuk guru PAUD sebanyak 1.640 orang. Selain itu, sebanyak 4.251 guru TK telah mengikuti sertifikasi.

Untuk meningkatkan kompetensi seorang guru harus memiliki gelar sarjana (S-1), punya sertifikat pendidik, dan menerima peningkatan kompetensi dalam bentuk pelatihan.

Untuk itu, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan akan melaksanakan program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) untuk 150 guru inti. Kemudian para guru inti ini akan melatih guru-guru yang lain.

"Kemudian mereka akan melatih di tempat-tempat sesuai yang kita berikan tergantung dari jumlah bapem yang ada dan jumlah guru yang akan terdaftar di dalam kelompok-kelompoknya,” jelas Santi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?