Siedoo.com - Pemateri dan peserta berpose bersama usai kuliah umum. l foto : ist
Daerah

Prodi Matematika UIN Walisongo Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Pembicara dari UGM

SEMARANG – Peran Mahasiswa kepada Institusi di Era Milenial menjadi tema besar pada kuliah umum yang digelar Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah di Audtorium Kampus 1 UIN setempat, belum lama ini.

Dalam kuliah yang dihadiri 200 mahasiswa itu, diharap dapat dapat menjadikan para mahasiswa semakin berperan aktif dalam memajukan institusi. “Saya berharap para mahasiswa dapat menyerap ilmu dengan baik pada kuliah umum ini. Harapannya kedepan semakin dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas program studi,” kata Ketua Program Studi Matematika, Emy Siswanah, M.Sc.

Bertindak sebagai narasumber Ketua Program Studi Statistika Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr. Abdurakhman, M.Si. Dalam paparannya ia menjelaskan dan memotivasi kepada seluruh mahasiswa bagaimana sikap yang harus diambil dalam rangka peningkatan mutu institusi.

“Prestasi mahasiswa pada saat kuliah dan kesuksesan mahasiswa setelah lulus merupakan indikator keberhasilan program studi. Para mahasiswa harus mulai memikirkan apa yang harus dilakukan setelah lulus sejak semester awal studi, ” paparnya.

Disampaikan, mahasiswa harus memberikan kontribusi kepada prodi dengan cara memberikan prestasi. Mahasiswa dapat berprestasi dalam bidang akademik maupun nonakademik.

“Di era milenial ini, banyak cara yang dapat ditempuh mahasiswa untuk meraih prestasi. Misalnya mengikuti lomba esai, inovasi media pembelajaran, inovasi teknologi pembelajaran, publikasi ilmiah mahasiswa,” jelas Abdurakhman.

Abdurakhman, yang merupakan ketua Prodi Statistika sejak tahun 2011 ini mengungkapkan, prestasi mahasiswa merupakan salah satu indikator penilaian dalam akreditasi program studi.

Lebih jauh ia juga menegaskan bahwa di era milenial ini, akreditasi prodi telah menggunakan instrumen baru yang mulai diberlakukan sejak 1 April 2019.

“Instrumen baru ini pada bidang mahasiswa menitikberatkan pada prestasi mahasiawa,  publikasi ilmiah mahasiswa, dan karya mahasiswa yg menjadi rujukan orang lain,” paparnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Minat Baca, Warga Kelurahan Ini Bangun Rumah Bermain

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Emy Siswanah MSc kepada Dr Abdurahman MSi dan foto bersama para mahasiwa dan dosen yang hadir. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?