Nasional

Detik-detik Menuju 7 Calon Rektor UI Tersaring, Mendebarkan!

Siedoo, Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) Universitas Indonesia (UI) telah mengumumkan 20 nama Calon Rektor UI tersaring untuk periode 2019-2024. Dari jumlah itu, melalui seleksi ketat, akan dipilih 7 orang.  Mereka adalah:

1Prof. Dr. rer. nat. Abd Haris
2Dr. Adis Imam Munandar, S. Si, MM
3Dr. Agustan, ST., M.Sc
4dr. Agustin Kusumayati, MSc, PhD
5Dr. Ir Arissetyanto Nugroho, MM., IPU., CMA., MSS
6Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D
7Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A
8Dr. Ir Baskoro Abie Pandowo, MT
9Dr. -Ing. Budi Ibrahim
10Prof. DR. dr. Budi Wiweko, MPH, SpOG (K)
11Dr. Chandra Yusuf, SH., LL.M., MBA., MMgt
12Prof. Dr. Edvin Aldrian, BEng. M.Sc
13dr. Firman Zulkifli Amin, B.Med.Sc., S.Ked., Ph.D
14Dr. Ir. Hendri Dwi Saptioratri Budiono, M.Eng., IPM
15Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D
16Khreshna Imaduddin Ahmad Syuhada, MSc. PhD
17Dr. Maksum Syahri Lubis, S.STP,M.AP
18Dr. Mutiara Hikmah, S.H, M.H
19Prof. Dr.rer.nat Rosari Saleh
20Dr.rer.nat. Yasman, M.Sc

Melansir dari ui.ac.id, 20 orang tersebut ditetapkan Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) dalam Berita Acara No.BA-374/UN2.MWA.OTL.01/2019 tanggal 2 September 2019.

Belakangan ini, telah dilaksanakan rangkaian kegiatan asesmen calon rektor UI di Gedung PPM Manajemen Menteng, Jakarta Pusat. Mereka telah melakukan beberapa rangkaian tes yang nantinya akan disaring menjadi 7 besar calon rektor Universitas Indonesia periode tahun 2019 – 2024.

Rangkaian kegiatan asesmen dimulai dengan tes pembuatan makalah. Makalah yang dibuat mencakup permasalahan-permasalahan di universitas serta berpedoman pada kebijakan umum UI.

Tes kedua adalah simulasi problem analysis. Dalam tes ini calon rektor UI dihadapkan pada kemampuan menganalisis masalah serta pemecahannya untuk UI yang lebih baik.

Pembuatan problem analysis untuk mengetahui kemampuan calon rektor dalam membuat sebuah kebijakan yang nantinya dapat diterapkan di UI secara maksimal.

Setelah itu, para calon rektor dihadapkan pada diskusi kelompok untuk mengetahui sejauh mana kemampuan satu dan lainnya ketika dihadapkan pada perbedaan pendapat dan kerja sama kelompok yang baik.

Rangkaian selanjutnya adalah wawancara dengan asesor strategi, wawancara dengan konselor ahli, dan wawancara inventori. Dalam tiga sesi wawancara tersebut, para calon rektor akan dinilai serta dianalisa secara mendalam oleh asesor dan psikolog yang ahli di bidang sumber daya manusia.

Sesi ini juga menilai soft kompetensi mereka dalam kaitannya memjadi sosok rektor terbaik untuk UI. Dalam penilaian kompetensi ini, para calon rektor ini dinilai berdasarkan wawasan kebangsaan, mengelola sebuah institusi terutama Universitas Indonesia, mengelola kemitraan sebagai salah satu jaringan pembangun universitas, serta mengelola keberagaman yang notabene UI merupakan institusi dengan sivitas akademiknya yang multikultural.

Sebagai tahapan selanjutnya, 20 calon rektor tersaring akan mengikuti proses berikutnya dengan jadwal sebagai berikut:

Proses Penyaringan oleh pansus Pilrek2 – 15 September 2019
Pengumuman 7 Calon Rektor Tersaring16 September 2019
Presentasi 7 Calon Rektor Tersaring di depan Pakar18 – 20 September 2019
Pengumuman 3 Calon Rektor20 September 2019
Debat Publik 3 Calon Rektor23 September 2019
Penetapan Rektor Terpilih25 September 2019

(*)

Apa Tanggapan Anda ?