Inovasi Tokoh

Inovasi Manage dari UNY, Tingkatkan Produktifitas Pribadi dan Organisasi

Siedoo, Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan sebuah aplikasi khusus untuk memanajemen waktu. Aplikasi ini bisa difungsikan untuk mengatur waktu pribadi mahasiswa maupun secara berkelompok.

Aplikasi berbasis android yang berfungsi sebagai media e-Management diperuntukkan untuk mahasiswa ini, dinamakan ‘Manage’. Fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi ‘Manage’ telah disesuaikan dengan kebutuhan manajemen waktu mahasiswa untuk mengatasi beragam masalah yang dialami oleh mahasiswa. Terutama kasus kurangnya produktifitas.

“Manajemen yang dilakukan melalui ‘Manage’ berfungsi sebagai langkah efektif dan efisien dalam meningkatkan produktifitas di kalangan mahasiswa,” kata salah satu mahasiswa UNY Yosan Guntara.

Aplikasi ini tidak lepas dari kondisi bahwa, dalam kehidupan mahasiswa sering kesulitan membagi waktu antara kuliah, organisasi maupun kegiatan lainnya. Cara konvensional dalam manajemen waktu yang biasa mahasiswa lakukan yaitu mengingat tugas-tugasnya di kepala. Sehingga, mudah dilupakan dan kurang struktural.

Cara lain yang biasanya dilakukan yaitu menggunakan kertas. Tetapi cara itu juga kurang efektif karena kurang fleksibel dalam manajemen pribadi maupun untuk kolaborasi dan cenderung statis.

Cara-cara tersebut dinilai kurang efektif karena banyak target yang semestinya penting tidak tercapai, kemudian mengakibatkan kurangnya produktifitas mahasiswa. Banyaknya beban tanggung jawab tidak disertai pengetahuan teknik manajemen menyebabkan turunnya kinerja dan tidak tuntasnya project.

Oleh karena itu, mahasiswa UNY menggagas E-Management berbasis android sebagai langkah efektif dan efisien dalam meningkatkan produktifitas di kalangan mahasiswa. Mereka adalah Indah Budiati dan Zulfa Mahendra prodi pendidikan fisika serta Yosan Guntara prodi pendidikan teknik informatika.

Mereka membuat aplikasi ini karena permasalahan manajemen waktu merupakan hal umum bagi banyak orang.

“Banyak orang mengakui dan merasakan pentingnya manajemen waktu. Tetapi dalam kenyataanya mereka tidak memperhatikan dan menerapkannya,” kata Indah Budiati.

Manajemen Waktu Organisasi dan Pribadi 

Manajemen waktu seyogyanya dapat mengatasi tekanan-tekanan dari dunia modern ini tanpa mengalami terlalu banyak stres dan membuat lebih fokus tujuan dan terkontrol. Waktu yang bagus dalam pekerjaan berarti melakukan pekerjaan berkualitas tinggi, bukan terutama tinggi dalam hal kuantitas.

Namun kenyataannya hidup sebagai mahasiswa dengan banyak dibebani lebih dari satu tanggungjawab dalam urusan tugas, kompetisi, maupun organisasi membuat mahasiswa tidak dapat mengelola waktunya dengan baik.

Tampilan aplikasi Manage karya mahasiswa UNY.

 

Langkah yang dilakukan tidak hanya untuk mengatasi permasalahan manajemen waktu pribadi. Akan tetapi juga untuk manajemen waktu organisasi. Fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi ‘Manage’ mewadahi upaya peningkatan produktifitas mahasiswa.

Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi ‘Manage’ adalah Pressman Waterfall Model. Waterfall Model atau disebut classic life cycle menunjukkan sistematis dan pendekatan sekuensial untuk pengembangan perangkat lunak yang dimulai dengan spesifikasi pengguna dari syarat-syarat yang dibutuhkan melalui planning, modeling, construction, dan deployment, yang berpuncak pada dukungan yang berkelanjutan dari perangkat lunak yang lengkap.

Aplikasi ini juga berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian tahun 2019. (*)

Apa Tanggapan Anda ?