Nasional

Selamat! UIN Malang Juara Umum PIONIR 2019

MALANG - Dengan mengantongi 10 medali emas, 5 perak dan 7 perunggu mengantarkan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur menjadi juara umum dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX 2019, Minggu (21/7/2019).

Urutan kedua disusul UIN Sunan Ampel Surabaya dengan 7 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Menempati ketiga UIN Sunan Gunungjati Bandung dengan 5 emas, 3 perak, dan 8 perunggu.

Sesditjen Pendidikan Islam Kemenag, Imam Safei mengapresiasi para pemenang dan seluruh peserta PIONIR.

“Saya setuju yang menang mendapat penghargaan tetapi kita juga harus memberikan penghargaan kepada seluruh peserta, karena dengan keringat dan darah. Mereka telah berjuang di ajang PIONIR,” katanya.

Dijelaskan, para peserta lomba di ajang PIONIR diutus oleh kampusnya untuk mengikuti dan menyelesaikan perlombaan, bukan semata-mata untuk menjadi juara saja.

Menurut Imam, PTKIN adalah kandangnya jago, jago apa saja. Ada jago ngaji, jago musik, jago karate dan lain sebagainya. Akan tetapi bukan jago kandang.

“Para jago ini harus terus disupport dan didukung sehingga nantinya akan tumbuh berkembang menjadi jago-jago Indonesia, bahkan jago dunia,” ujar Imam.

Secara khusus, Imam Safei memberikan penghargaan kepada Juara I MTQ Putra dan Putri. Keduanya akan diajak bersilaturahmi dengan Menteri Agama,  ditanggung biaya transportasi dan akomodasinya.

Penutupan PIONIR IX 2019 dimeriahkan dengan penyalaan kembang api. Hadir, 3.280 peserta, 700-an official dan ratusan civitas akademika di UIN Maulana Malik Ibrahim.

Selaku tuan rumah, Rektor UIN Malang, Abdul Haris menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh kontingen, terutama para wakil  rektor/wakil ketua bidang kemahasiswaan dan kerjasama PTKIN se-Indonesia.

Ajang PIONIR digelar tiap dua tahun sekali. Untuk tahun 2021 berdasar Hasil Musyawarah Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, menominasikan tiga kampus sebagai calon tuan rumah PIONIR X Tahun 2021. Ketiga PTKIN itu adalah UIN Alauddin Makasar, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan IAIN Salatiga.

“Saya berharap sepulangnya dari Malang, para nominator segera mengajukan proposal sebagai tuan rumah PIONIR ke X Tahun 2021,” kata Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Safriansyah.

Di hadapan WR/WK III PTKIN, Safri menilai PIONIR IX 2019 di UIN Malang berjalan sukses. “Sangat wajar dalam sebuah even nasional terjadi dinamika dan muncul kekurangsempurnaan pelayanan. Tetapi, secara umum telah lebih baik dari even-even sebelumnya," tambah Safriansyah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?