Nasional

Ini Dia Pilihan Lain Jika SBMPTN 2019 Tidak Lolos

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 telah berakhir. Juli nanti akan diumumkan hasilnya. Hasil seleksi terbagi menjadi dua yaitu lolos SBMPTN dan tidak lolos SBMPTN.

Bagi para peserta yang tidak lolos SBMPTN dan masih menginginkan untuk kuliah maka ada satu jalur lagi untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yaitu jalur mandiri. Peluang dari jalur ini besar karena kuota pesertanya 30% dari seluruh peserta yang diterima di masing-masing perguruan tinggi.

"Kalau tidak bisa lolos dalam SBMPTN masih ada kesempatan yaitu namanya ujian mandiri," ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, dilansir dari bali.idntimes.com

Selain jalur mandiri di PTN ada pula pilihan lain yaitu masuk ke perguruan tinggi swasta (PTS). Walaupun banyak anggapan yang mengatakan PTS kurang bersaing namun ada juga PTS yang memiliki kualitas tak kalah dengan PTN.

Dikutip dari jakarta.tribunnews.com terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih PTS, yaitu:

1. Akreditasi

Akreditasi merupakan standar yang ditentukan pemerintah untuk menunjukkan kualitas perguruan tinggi. Akreditasi yang diberika berupa A untuk sangat baik, B untuk baik, C untuk cukup.

Laman untuk melihat akreditasi perguruan tinggi adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi yang dilihat bukan hanya perguruan tingginya saja namun untuk akreditasi jurusan bahkan prodi harus dipertimbangkan. Semakin bagus akreditasi jurusan maka semakin mudah dalam mencari pekerjaan.

2. Peringkat

Peringkat PTS dapat dilihat di Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek dikti) dan webometrics

3. Kualitas alumni

4. Rekomendasi dari alumni ataupun orang lain

5. Lokasi

6. Biaya

Tidak semua PTS lebih mahal dari PTN.

Melansir dari sevima.com, 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Dikti:

1. Universitas Islam Indonesia

2. Universitas Atma Jaya Jakarta

3. Universitas Telkom

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

5. Universitas Katolik Parahyangan

6. Universitas Muhammadiyah Malang

7. Universitas Muhammadiyah Surakarta

8. Universitas Soegijapranata

9. Universitas Bina Nusantara

10. Universitas Kristen Petra. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?