Ilustrasi. (www.indonesia-smart.net)

Nasional

Berikut Nilai Aman untuk Bisa Lolos SBMPTN 2019


JAKARTA - Untuk bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur SBMPTN tidak ada passing grade atau nilai ambang batas. Mereka yang mendaftar di tenggang waktu 10 – 24 Juni, diterima atau tidaknya akan diumumkan pada 9 Juli 2019.

Kini bagi yang berminat dan belum mendaftar SBMPTN masih ada kesempatan lima hari lagi. Perlu diingat, nilai Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) menjadi salah satu syarat untuk mendaftar PTN lewat jalaur tersebut.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemenristekdikti, Ravik Karsidi, menyatakan untuk hasil nilai UTBK dibagi menjadi tiga kelompok besar. Range bawah dengan nilai kurang dari 300 hingga di bawah 500, range tengah antara 500–700, dan range atas adalah 700 ke atas.

”Semisal, seperti kedokteran Universitas Indonesia (UI) kan persaingannya tinggi. Diperkirakan saja, yang bisa bersaing anggaplah dari range atas atau nilai sekitar 700,” katanya dilansir dari jpnn.com.

Kepala Humas Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur,  Kotok Gurito, menyatakan nilai tidak bisa dijadikan acuan karena prosesi UTBK baru ada tahun ini. Data yang di-share UB hanyalah untuk ancang-ancang siswa mengukur kemampuan mereka.

”Tapi kalau mau skor aman sebaiknya 500-an atau kalau mau aman banget kayak kedokteran itu minimal 650,” katanya.

Dia mengungkapkan, prodi yang berpeluang besar untuk menerima mahasiswa dengan range nilai menengah ke bawah di antaranya yang berada di naungan fakultas peternakan dan perikanan.

”Itu prediksi kami dengan mengacu data tahun lalu,” ungkapnya.

Range nilai UTBK kategori menengah ke bawah berkisar kurang dari 500. Sedangkan menengah ke atas lebih dari 500. ”Untuk kelompok teknik yang peminatnya terbanyak yaitu teknik pertanian,” ungkapnya.

Persyaratan pendaftaran SBMPTN sebagaimana di laman resmi sbmptn.ltmpt.ac.id adalah sebagai berikut.

Persyaratan Peserta

1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.

2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

3. Nilai UTBK.

4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

5. Memiliki NISN.

6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.

7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.

8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

Tahapan Pendaftaran

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan cara sebagai berikut.

1. Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).

2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN

3. Mengunggah borang portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id

4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ads Samanata