Seleksi CPNS tahun sebelumnya. (foto: humaspemkabsleman)

Nasional

Rekrutmen P3K Diprioritaskan di Daerah yang Tidak Menggelar Seleksi CPNS 2018


JAKARTA – Selain daerah terluar, tertinggal, ada daerah yang akan diprioritaskan dalam penyelenggaraan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap II di tahun 2019. Daerah tersebut adalah daerah yang tidak menggelar seleksi CPNS tahun 2018.

“Prioritas di daerah terluar, tertinggal dan instansi yang tidak mengadakan seleksi CPNS 2018,” kata Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan dilansir dari kontan.co.id.

Selain P3K, pihaknya mengungkapkan pemerintah akan melaksanakan seleksi CPNS tahun 2019. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun Anggaran 2019.

Sementara itu, MenPAN-RB Syafruddin keputusan menteri tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan ASN guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien.

Dalam mengusulkan kebutuhan ASN, instansi pusat harus berdasarkan peta jabatan yang telah ditetapkan pejabat pembina kepegawaian (PPK). Selain itu juga berdasarkan pada jumlah PNS yang memasuki batas usia pensiun tahun 2019 dan ketersediaan anggaran untuk diklat dasar bagi CPNS.

“Alokasi untuk CPNS 50 persen dan P3K 50 persen. Diprioritaskan untuk satuan/unit kerja yang dalam pengadaan CPNS tahun 2018 tidak mendapat alokasi tambahan pegawai baru,” ungkapnya dilansir dari sindonews.com.

Untuk pengadaan kali ini sepertinya instansi pemerintah daerah difokuskan untuk menerima P3K. Pasalnya, dalam surat tersebut terdapat ketentuan alokasi untuk CPNS hanya sebesar 30 persen, sementara P3K sebanyak 70 persen.

Ditegaskan juga bahwa usulan tersebut harus disampaikan kepada Menpan-RB dan Kepala BKN paling lambat minggu kedua bulan Juni 2019. Jika dalam waktu tersebut tidak ada usulan, maka instansi tersebut dianggap tidak akan melakukan pengadaan ASN tahun 2019.

Mengutip dari liputan6.com, pembukaan P3K akan didahulukan usai lebaran, diperkirakan bulan Juli. Sementara pembukaan seleksi CPNS akan dilakukan pada Oktober 2019.

Baca Juga :  Belum Punya Rumah, Guru PNS Bisa Beli Rumah dengan DP 0 Persen

“Kalau P3K nanti habis lebaran ini. PNS nya nanti triwulan ke empat, bulan Oktober,” ujar dia.

Lebih lanjut, dia menambahkan, perekrutan P3K tersebut akan lebih banyak menyasar tenaga guru dan juga kesehatan. Hal tersebut merupakan upaya untuk mengisi kuota yang masih kosong ketika perekrutan dilakukan pada Januari lalu.

“P3K belum banyak masih lanjutan kemarin. Nanti kembali lagi ke guru, dan tenaga-tenaga kesehatan, tenaga-tenaga teknis nanti itu,” tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?