Opini

Penting, Kegiatan Edukatif bagi Anak Saat Libur Lebaran

Siedoo, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah saat yang indah untuk berkumpul dengan keluarga. Kali ini liburan sekolah jatuh bersamaan dengan Lebaran, sehingga orang tua juga memiliki banyak waktu untuk mengajak anak berekreasi.

Rekreasi bersama anak sebaiknya memilih tempat wisata edukatif yang kini banyak dibangun. Orangtua bisa memilih yang lokasinya lebih dekat, sehingga waktu bermain lebih lama di tempat itu.

Aktivitas fisik di tempat rekreasi memacu berbagai respons otak bagi si kecil. Psikolog anak, Ratih Ibrahim mengatakan, selain rekreasi penting bagi orangtua, penting juga untuk mendukung anak mengoptimalkan masa liburan.

“Aktivitas fisik dapat memberikan rangsangan untuk memancing respons yang dapat melatih tumbuh kembang anak,” katanya dikutip Genpi.co, (5/6/2019).

Banyak kegiatan edukatif yang dapat kita lakukan bersama anak untuk mengisi libur Lebaran. Kegiatan kreatif-edukatif sangat bermanfaat bagi si kecil, salah satunya membuat mainan sendiri.

Dikutip dari Sleekbaby.co.id, mainan tidak hanya menyenangkan untuk si kecil namun juga dapat membantu tumbuh kembangnya. Karena, dengan memberikan mainan yang tepat maka saraf motorik si kecil bisa terasah sambil bermain.

Ada beberapa kegiatan edukatif pilihan yang bisa dilakukan orangtua bersama si kecil di rumah. Antara lain:

  • Keliling Kota

Orantua bisa mengajak si kecil berkeliling kota sambil memperkenalkan ragam transportasi umum yang ada di kota. Selain mengenalkan transportasi umum, kita juga bisa membawa si kecil bepergian ke tempat-tempat wisata seperti museum, taman kota, atau perpustakaan yang terdekat.

Untuk mengedukasi  anak, jangan lupa tanyakan tempat-tempat khusus, gedung-gedung, perkantoran, monumen dan sebagainya. Tanyakan dulu kepada si anak untuk menyebutkan, baru kita jelaskan.

  • Membuat Mainan Sendiri

Apabila si kecil lebih suka berkreasi menggunakan kertas lipat, kita bisa mengajaknya untuk membuat mainan sendiri, misalnya membuat boneka kertas. Sediakan kertas lipat (origami), stik es krim, benang kasur, lem, gunting, serta kancing dan manik-manik sebagai pemanis boneka kertas yang akan dibuat.

Kegiatan ini dapat melatih keterampilan motorik halus anak, mengembangkan daya imajinasi dan berkreasinya. Membuat mainan sendiri mengajarkan anak untuk menuangkan ide dalam bentuk konkrit.

Selain itu, anak juga bisa belajar memahami diri sendiri, membangun kepercayaan diri, serta membangun konsep diri yang positif.

  • Permainan Edukatif

Selain dua kegiatan di atas, ada alternatif lain yang juga bisa memanfaatkan mainan yang bersifat edukatif untuk si kecil. Seperti permainan yang dapat menyalurkan hobi anak menggambar, senang bermain musik, atau mungkin puzzle game.

Permainan puzzle yang dapat melatih kreativitas anak. Selain edukatif, puzzle game akan mengalihkan perhatian anak terhadap gadget dan membuat anak lebih produktif, saat libur Lebaran. (*)

 

 

*Yayan Rusyanto

Pemerhati pendidikan, tinggal di Cilacap, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?