Nasional

Unggul Kontes Robot Regional, ITS Melenggang ke Tahap Nasional

MATARAM - Peserta kompetisi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur berhasil unggul di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV 2019 di Universitas Mataram. Seluruh Tim Robot ITS berhasil melangkah menuju KRI Nasional dan akan bertemu dengan para juara dari ketiga regional lain. Tim ITS juga sukses membawa pulang trofi juara terbanyak.

Meraih juara pada seluruh kategori yang ada, Tim IRIS dan Tim VI-Rose ITS yang masing-masing bertanding pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) sukses menduduki posisi pertama.

Sedangkan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang masing-masing diwakili oleh Tim Abinara I dan Tim Risma berhasil membawa juara ketiga. Selain itu, Tim VI-Rose juga berhasil dinobatkan sebagai Kategori Artistik Terbaik pada KRSTI, dan Kategori Desain Terbaik dalam KRSBI Beroda sukses direbut oleh Tim IRIS.

"Perolehan semua tim tidak terlepas dari perjuangan mereka dalam menghadapi kompetisi ini. Ketika uji lapangan di hari pertama, masing-masing tim harus segera menyesuaikan robot mereka terhadap kondisi yang terjadi," kata Pembina Tim Robotika ITS Rudy Dikairono ST MSc.

Pada penyisihan di tingkat Regional IV ini, ITS hanya menurunkan tim di empat divisi dari lima divisi yang dilombakan. Satu divisi yakni KRSBI Humanoid, tim ITS yang diwakili Tim Ichiro sudah mendapatkan free pass untuk langsung melaju ke tingkat nasional. Sebagai kado dari keberhasilannya masuk dalam tiga besar pada perhelatan nasional tahun lalu.

Rudy mengakui memang tidak sedikit terdapat kondisi yang berbeda dengan perkiraan sebelumnya. Hal tersebut menjadikan seluruh Tim Robot ITS untuk berusaha keras melakukan penyesuaian dari pagi hingga malam hari lamanya.

Rudy mencontohkan beberapa dari mereka harus kembali mengatur ulang letak sensor, intensitas sensor, berbagai program, dan lain sebagainya.

"Bahkan, beberapa sampai tidak tidur hingga pagi untuk melakukan penyesuaian," ungkapnya.

Tim VI-ROSE memamerkan trofi juaranya dari Divisi KRSTI di KRI Regional IV 2019.

Berbagai perjuangan yang sudah dilakukan, Rudy merasa sangat puas atas capaian pada tingkat regional. Menurutnya, perolehan kali ini merupakan yang terbaik jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Untuk KRI Nasional akan dilaksanakan sekitar bulan Juni di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah. Rudy menambahkan bahwa nantinya akan dilakukan beberapa evaluasi berdasarkan hasil di regional IV ini. Pada KRI Nasional nanti pasti akan bertemu dengan berbagai tim yang sangat hebat.

"Beberapa strategi dikhususkan untuk KRI Nasional nanti juga sudah kita siapkan," jelas Rudy dengan penuh keyakinannya.

Pada KRI Nasional nanti, total ada lima Tim Robotika ITS yang akan bertarung. "Harapannya, seluruh tim tersebut dapat memberikan penampilan yang terbaik dan meraih juara," tandasnya. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?