Prof. Rina Indiastuti (kiri) Jabat Pelaksana Tugas Rektor Unpad. foto : Humas Unpad

Nasional Tokoh

Sempat Tertunda, Jabatan Rektor Unpad Kini Sudah Terisi


JATINANGOR – Setelah sekian lama sempat tertunda, posisi Rektor Unpad kini sudah terisi. Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., MSIE ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas Rektor Universitas Padjadjaran, Jawa Barat oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI. Rina sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

“Ditunjuk oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai Pelaksana Tugas Rektor Unpad untuk menjamin kelancaran terselenggaranya kegiatan tridarma perguruan tinggi di Unpad,” kata Prof. Dr. Rina.

Prof. Rina Indiastuti lahir di Kediri, 10 Januari 1961. Ia merupakan Guru Besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Ia menyelesaikan studi Sarjana pada prodi Ekonomi dan Studi Pembangunan Unpad tahun 1984 dan mengambil studi Magister Manajemen Industri, Institut Teknologi Bandung dan lulus tahun 1989.

Ia pun menyelesaikan studi Doktornya di University of Osaka Prefecture tahun 1999. Selain itu, Prof. Rina menempuh pendidikan nonformal pada Balance Scorecard for Public Sector Using 3rd Generation, IBN International in association with 2GC Active Management, tahun 2013.

“Dalam statuta perguruan tinggi dikatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan pendidikan, khususnya tridarma perguruan tinggi itu harus ada pemimpin perguruan tinggi. Begitu Prof. Tri Hanggono Achmad habis masa tugasnya, Pak Menteri memerintahkan, memberikan tugas kepada saya untuk bukan memimpin, tetapi menjamin terselenggaranya kegiatan di Universitas Padjadjaran tetap berlangsung dengan baik,” ujar Prof. Rina.

Jabatan struktural terakhir Prof. Rina selama di Unpad adalah Wakil Rektor bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Keuangan Unpad pada 2012-2015. Ia juga pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (2009-2012), Sekretaris Akademik Program Doktor Manajemen Bisnis Unpad (2007-2009), Ketua Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan Unpad (2003-2007), dan Ketua LP3E FE Unpad (2002-2003).

Baca Juga :  Rektor Unpad : Proses Pendidikan Tak Hanya Menghasilkan Gelar

Saat ini, Prof. Rina menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Di bidang kepakaran, Prof. Rina telah banyak menghasilkan karya ilmiah dan telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Selain itu, ia juga menjadi pembicara pada seminar nasional dan internasional.

“Prestasi dan reputasi Unpad saat ini, yang dalam tataran nasional sudah tercatat sangat baik, dapat terus terjaga. Semoga keluarga besar Unpad dapat terus solid dalam peningkatan reputasi dan kinerja Unpad,” jelasnya.

Serah Terima Jabatan Pelaksana Tugas Rektor Unpad dilakukan di Executive Lounge, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (16/4/2019). Prof. Rina pun mengapresiasi berbagai capaian Unpad di bawah kepemimpinan Rektor ke-11 Prof. Tri Hanggono Achmad. Hal tersebut dapat menjadi teladan bagi keluarga besar Unpad.

“Terima kasih atas prestasi dan warisan yang ditinggalkan kepada kita,” tutur Prof. Rina.

Mengenai mutu pembelajaran dan kemahasiswaan Unpad, Prof. Rina mengharapkan hal tersebut dapat terus ditingkatkan. “Bagaimana pun mereka (mahasiswa) adalah calon SDM bangsa kita. Kita harus bekali dengan lebih baik lagi dibandingkan perguruan tinggi lainnya,” ujar Prof. Rina.

Sementara itu, Rektor Unpad periode 2015-2019 Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan bahwa berbagai tantangan telah dilalui dengan hasil yang luar biasa karena adanya kebersamaan. Prof. Tri pun mengajak untuk terus membangun sinergi tersebut agar dapat terus berkontribusi pada masyarakat.

“Saya yakin dengan kebersamaan dan potensi ini apapun tantangan yang ada di depan Insya Allah bisa kita lalui dengan baik,” kata Prof. Tri.

Prof. Tri pun berpesan untuk terus memegang teguh nilai akademik yang sudah tertuang dalam Pola Ilmiah Pokok Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”. Dengan kekuatan akademik inilah Unpad dapat memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Baca Juga :  Unpad Bawa Empat Penghargaan dari Ajisaka UGM

Senada dengan Prof. Rina, Wakil Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H., mengatakan, MWA juga mengapresiasi capaian luar biasa yang telah dilakukan Prof. Tri dan jajarannya. Kerja keras pun diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai.

“Kami dari MWA berterima kasih, dan mudah-mudahan kita bisa memelihara capaian-capaian tersebut, paling tidak itu bisa kita jaga dan tentu dengan harapan itu bisa kita tingkatkan,” tandasnya.  (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?
Ucapan Pemkot