Daerah

392 Pelajar Ramaikan Jumbara PMR di Kota Magelang

MAGELANG - Sebanyak 392 pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat se-Kota Magelang, Jawa Tengah yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR ke XI di Stadion Moch Soebroto. Jumbara yang diinisiasi PMI setempat digelar 1-2 April 2019.

Ketua penyelenggara, Mufi'in menjelaskan, anggota PMR yang ikut Jumbara tahun ini meliputi PMR Madya dan PMR Wira. Jumbara memiliki makna peserta berjumpa untuk saling berbagi pengetahuan, keterampilan, sikap dan pengalaman serta menjalin persahabatan.

"Jumbara dilaksanakan dalam bentuk perkemahan yang di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yakni perlombaan, bakti sosial, dan pentas budaya. Tujuannya untuk meningkatkan dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap," ungkap Mufi'in, disela-sela kegiatan, Senin (1/4/2019).

Menurutnya, seluruh kegiatan dilaksanakan dengan suasana riang gembira. Namun, lebih dari itu, Jumbara dimaksudkan untuk membina generasi muda dalam pengamalan Pancasila, memasyarakatkan visi misi PMI, memacu sportifitas dalam berlomba dan memasyarakatkan PMI di kalangan remaja.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono mengapresiasi PMI Kota Magelang atas prakarsa menggelar Jumbara PMR 2019 sebagai bentuk pembinaan kader-kader palang merah, sekaligus wahana evaluasi kinerja PMR di masing-masing sekolah dan ajang silaturahmi bagi PMR se-Kota Magelang.

"Saya menilai kegiatan ini sangat positif untuk membentuk karakter generasi muda, terutama anggota PMR sebagai penerus bangsa, yang pada saatnya nanti sebagai penerus pembangunan bangsa," kata Joko, dalam sambutan yang dibacakan Ketua PMI Kota Magelang Sumartono.

Joko meyakini, melalui PMR, para peserta Jumbara ini telah menerima bekal berharga untuk kehidupan, bukan saja berupa pengetahuan teknis untuk melaksanakan tugas kepalangmerahan (hard skill), namun juga mengasah kepemimpinan (soft skill), team work dan sebagainya.

"Kalian sudah berada di jalur yang tepat, maka tekuni dan resapi segala ilmu, wawasan dan pengalaman yang didapat dari PMR untuk kemaslahatan diri dan sesama," pesan Joko.

Joko juga meminta para generasi muda PMR Kota Magelang untuk menggunakan kesempatan berharga selama Jumbara untuk memperluas jaringan pertemanan dan memperkuat soliditas serta solidaritas keluarga besar PMI. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?